Penyakit Keropeng-keropeng di Sekitar Bibir Kambing

Pertanianku — Selama masa pemeliharaan, Anda harus melakukan pemantauan kondisi kesehatan kambing secara rutin agar dapat mengetahui dengan cepat kejadian janggal. Misalnya, keropeng di sekitar bibir kambing. Kondisi tersebut ternyata merupakan penyakit yang cukup berbahaya apabila tidak segera ditangani.

keropeng di sekitar bibir kambing
foto: Pertanianku

Keropeng-keropeng yang muncul di sekitar bibir kambing dapat menular ke kambing yang masih sehat. Keropeng tersebut juga sering disebut sebagai dakangan atau orf. Penyebab penyakit ini adalah virus orf yang dapat menimbulkan luka di bagian gusi dan kulit di sekitar mulut. Sebagian peternak lain juga sering menyebut penyakit ini dengan sebutan radang selaput bening mata menular.

Kambing yang sudah terserang virus orf akan mengalami penurunan nafsu makan karena luka di sekitar bibir dan mulut. Luka keropeng tersebut dapat semakin parah apabila terkena infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri sehingga menimbulkan penyakit lain yang bisa menyebabkan kematian kambing, terutama pada anak kambing.

Penyakit yang menyerang kambing dewasa dapat menyebabkan penurunan bobot tubuh. Dengan begitu, Anda dapat menanggung beban kerugian yang cukup signifikan.

Kondisi koreng yang sudah telanjur parah tidak bisa diobati. Anda hanya bisa mencegah luka semakin parah karena infeksi kedua dengan menggunakan salep antibiotik seperti Cauiam atau Iodium.

Anda masih bisa mengobati kondisi keropeng-keropeng di sekitar bibir yang belum terlalu parah dengan menggunakan antibiotik, seperti tetracydine, tylosin, dan salep mata. Waktu penyembuhan biasanya berlangsung selama 1—4 minggu. Selama masa pengobatan, kambing harus ditempatkan di tempat yang teduh agar rasa sakit pada bagian yang luka sedikit berkurang.

Kambing yang sudah terinfeksi harus segera dipisahkan dari kambing yang sehat. Kandang yang digunakan harus terhindar dari keadaan becek dan tergenang air agar tidak memperparah keadaan penyakit.

Baca Juga:  Jenis Ayam Hias Lokal yang Menjadi Primadona

Penyakit koreng dapat dicegah dengan menggunakan vaksinasi. Jangan lupa untuk melakukan sanitasi kandang untuk membunuh virus-virus orf yang tertinggal di dalam kandang.