Penyakit Leishmaniasis, Penyakit Zoonosis yang Ditularkan Lalat Pasir ke Manusia

PertaniankuLeishmaniasis merupakan salah satu penyakit zoonosis yang ditularkan oleh hewan ke manusia. Penyakit ini disebabkan oleh protozoa Leishmania spp yang salah satu vektornya adalah lalat pasir (Phlebotomus) atau agas. Penyakit ini biasa disebut sebagai penyakit ‘orang miskin’ karena mudah berkembang biak di lingkungan dengan sanitasi buruk dan kondisi kesehatan yang kurang baik.

Leishmaniasis
foto: pixabay

Penyakit ini akan semakin menjadi-jadi ketika tubuh mengalami kondisi malnutrisi. Kondisi malnutrisi sangat mudah dijumpai di daerah dengan kondisi ekonomi yang kurang. Penyakit ini mudah menyebar di daerah yang penduduknya sering tidur di alam terbuka sehingga mudah digigit oleh lalat pasir.

Ada empat bentuk leishmaniasis yang terjadi pada manusia, yaitu Visceral leishmaniasis atau kala-azar, Cutaneous leishmaniasis, Mucocutaneius leishmaniasis, dan Difus cutaneous leishmaniasis. Leishmaniasis yang paling berbahaya disebabkan oleh Leismania infantum, tetapi kasus penyakit ini masih belum pernah dijumpai di Indonesia.

Loading...

Namun, masyarakat Indonesia harus waspada terhadap penyakit ini karena Indonesia merupakan negara tropis yang sangat cocok dengan habitat arthropoda yang bisa berperan sebagai vektor penyakit, misalnya lalat pasir.

Hingga saat ini vaksin serta obat untuk penyakit ini masih belum ditemukan. Obat yang beredar di pasaran untuk mengatasi penyakit ini memiliki tingkat risiko yang tinggi. Penyakit ini bisa kendalikan melalui pengendalian atau pengontrolan vektor yang efektif untuk mengurangi kontak penyakit ke manusia.

Pencegahan bisa dilakukan dengan mencegah gigitan lalat pasir, mengenakan alat pelindung diri seperti penangkal gigitan serangga dan pestisida di pakaian, serta menggunakan kelambu saat tidur. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan menjaga sanitasi lingkungan dengan rajin membersihkan pekarangan dan mengonsumsi makanan sehat.

Bagi penderita yang sudah terinfeksi penyakit leishmaniasis, segera lakukan pengobatan ke dokter dan lakukan isolasi untuk memulihkan keadaan. Perbanyak konsumsi makanan bergizi dengan nutrisi lengkap untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Perbedaan Antara Penyu dan Kura-Kura

Gejala penyakit yang disebabkan oleh infeksi leishmaniasis adalah demam, malaise, menggigil, penurunan berat badan, dan anoreksia. Penyakit ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati dengan cepat dan tepat.

 

 

Loading...
Loading...