Penyakit Tanaman Bayam yang Membuat Pertumbuhannya Tidak Normal

Pertanianku— Pertumbuhan daun bayam yang tidak normal bisa jadi disebabkan oleh penyakit tanaman bayam. Penyakit tersebut menyerang tanaman sewaktu-waktu akibat Anda lalai saat proses pemeliharaan, perubahan cuaca, atau serangan virus.

penyakit tanaman bayam
foto: Pixabay

Penyakit yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan Anda kehilangan sebagian hasil panen karena sayuran yang terjangkit penyakit tidak akan bisa dijual. Anda juga dapat mengalami gagal panen karena seluruh tanaman ikut terinfeksi. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang bisa menular ke tanaman yang masih sehat.

Pengendalian penyakit harus dilakukan berdasarkan jenis penyakit yang menyerang agar penyakit tersebut benar-benar musnah. Berikut ini beberapa penyakit tanaman bayam yang patut Anda waspadai.

Kekurangan mangan (Mn)

Ketika kebutuhan nutrisi tanaman tidak terpenuhi, pertumbuhannya bisa mengalami hambatan. Tanaman bayam yang tidak mendapatkan nutrisi mangan dengan cukup dapat mengalami gejala bintik-bintik kuning pada tulang daun tanaman.

Penyakit kekurangan mangan bisa diatasi dengan memberikan zat kapur pada media tanam atau tanah di sekitar tanaman bayam.

Downy mildew

Downy mildew merupakan jamur yang tumbuh akibat cuaca terlalu dingin dan tingkat kelembapan tinggi. Tanaman bayam yang terserang jamur ini akan memiliki gejala seperti muncul daun atas yang menguning dan lama-kelamaan akan berubah menjad kecokelatan.

Penyakit ini bisa dikendalikan dengan cara memetik daun tersebut agar penyebaran jamur terhenti.

Spinach blight

Penyakit spinach blight disebabkan oleh virus Mozaik cucumber. Penyakit ini sering membuat daun yang masih muda berubah warna menjadi kuning dan menggulung. Daun bayam yang telah terinfeksi harus segera dicabut dan dimusnahkan agar rantai hidup virus terhenti sehingga tidak menyebar ke tanaman yang masih sehat.

Pengendalian penyaki Spinach blight dilakukan dengan membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman bayam.

Baca Juga:  Langkah-langkah Budidaya Tanaman Stevia

Noda daun

Sesuai dengan namanya, penyakit noda daun akan menyebabkan daun bayam memiliki noda berwarna cokelat. Noda yang dibiarkan begitu saja lama-kelamaan akan merusak daun. Penyakit noda daun dapat dicegah dengan cara memetik daun yang sudah terinfeksi dan membakarnya agar rantai penyakit terhenti.