Penyakit Tanaman Jabon yang Perlu Diwaspadai

Pertanianku — Serangan penyakit pada tanaman dapat menyebabkan pertumbuhannya terhambat sehingga hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan. Penyakit tanaman jabon yang kerap menyerang adalah damping off, busuk akar, dan cendawan akar merah. Tiap penyakit tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda. Itu sebabnya Anda perlu mengetahui masing-masing jenis penyakit agar bisa memberikan penanganan yang tepat.

penyakit tanaman jabon
foto: Pertanianku

Berikut ini uraian lebih detail mengenai penyakit tanaman jabon yang perlu diwaspadai.

Damping off

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Fusarium spp., Rhizoctonia spp., dan Pythium spp. Penyakit damping off atau rebah kecambah biasanya menyerang tanaman saat pembibitan. Bagian tanaman yang diserang adalah leher akar yang berada di bawah bagian tanah yang basah. Serangan penyakit damping off dapat menyebabkan kematian pada perkecambahan jabon.

Penyakit dapat dikendalikan dengan memperbaki campuran media semai. Media semai yang digunakan harus porous. Anda bisa membuat media semai menjadi porous dengan menambahkan pasir. Tambahkan fungisida seperti formalin 1 persen jika dibutuhkan. Fungisida tersebut diaplikasikan dengan cara disemprot ke persemaian seminggu sebelum digunakan. Bibit yang sudah telanjur terserang penyakit harus dicabut dan bekas tumbuhnya disemprot fungisida.

Busuk akar

Penyakit tersebut disebabkan oleh serangan Armillaria mellea. Penyakit busuk akar menyebabkan kulit batang pada tanaman memiliki benang-benang tebal berwarna putih. Jika dibasahi, benang-benang tersebut menjadi berwarna kuning. Busuk akar menyebabkan daun tanaman rontok dan tanaman mati.

Pengendalian busuk akar dapat dilakukan dengan menebang tanaman yang sudah terinfeksi. Tunggak dan akar dari tanaman yang ditebang harus dibongkar untuk mencegah serangan penyakit selanjutnya. Setelah itu, berikan 500 gram serbuk belerang ke dalam galian bekas tanaman yang sudah ditebang.

Cendawan akar merah

Baca Juga:  Pengendalian Terpadu Penyakit Kerdil Tanaman Lada

Cendawan akar merah (Corticium salmonicolor) kerap menyerang tanaman jabon di kebun. Tanaman yang sudah terinfeksi akan memiliki ranting dan cabang yang dilapisi benang berwarna putih. Lama-kelamaan benang tersebut akan berubah warna menjadi jingga.

Bagian tanaman yang sudah terserang perlu dikupas dan dibakar. Berikan fungisida pada bekas luka dan tutup dengan ter. Jika serangan masih berlanjut, sebaiknya tebang tanaman dan bongkar bonggolnya.

Ganoderma pseudoferreum

Penyakit ini kerap menyerang tanaman di kebun dan menyebabkan tanaman menjadi layu lalu mati. Tanaman yang sudah terserang sebaiknya ditebang dan dibakar hingga ke bagian tunggaknya. Untuk mencegah penularan, Anda dapat membuat selokan selebar 1—1,5 m mengelilingi bekas tanaman yang terserang. Selanjutnya, berikan fungisida dengan dosis sesuai anjuran pada tanaman yang terserang.