Penyakit Tanaman Tomat di Musim Hujan

Pertanianku — Musim hujan terkadang menjadi tantangan bagi petani karena tingkat kelembapan tinggi, suhu rendah, dan intensitas hujan cukup tinggi. Pada musim ini biasanya tanaman mudah terserang penyakit, baik penyakit yang berasal dari virus, cendawan, maupun kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Berikut ini beberapa penyakit tanaman tomat yang kerap terjadi di musim hujan dan disebabkan oleh kondisi yang tidak menguntungkan.

penyakit tanaman tomat
foto: Pixabay

Kekurangan kalsium atau boron

Tanaman tomat yang kekurangan kalsium atau boron bisa mengalami penyakit yang disebut busuk ujung buah.Tanaman yang terserang akan menunjukkan gejala berupa bercak besar pada ujung buah yang masih muda. Bercak tersebut berwarna cokelat hingga kehitaman. Kehadiran bercak tersebut dapat mengganggu perkembangan buah dan buah menjadi kaku atau keras.

Penyakit tersebut disebabkan oleh tanaman terlalu banyak menerima nitrogen sehinga pertumbuhan tanaman menjadi cepat. Selain itu, penyakit juga disebabkan oleh perubahan kelembapan yang drastis akibat hujan sangat deras di daerah yang kering.

Kekurangan pupuk dan pestisida

Akar yang terkena pupuk buatan yang pekat secara langsung dapat berubah menjadi busuk dan patah. Kerusakan yang parah dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman bagian atas. Nitrogen yang berlebihan akan merangsang pertumbuhan negatif yang berlebih sehingga produksi tanaman berkurang.

Tanaman yang sedang mengalami keracunan pestisida, terutama insektisida akan menunjukkan gejala berupa pinggiran daun yang mengering seperti terbakar. Warna daun berubah menjadi putih hingga cokelat dengan tekstur yang keras seperti kertas.

Etiolasi

Etiolasi disebabkan oleh tanaman kekurangan sinar matahari. Kondisi ini dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi memanjang dan kekurangan butir hijau daun. Sebaliknya, ketika tanaman menerima sinar matahari yang terlalu terik akan mengalami gangguan pada pertumbuhannya. Buah tomat terlihat seakan seperti tersiram air panas.

Baca Juga:  Jangan Langsung Dibuang, Bagian Sayur Ini Bisa Ditanam Lagi Menjadi Tanaman

Penyakit yang disebabkan oleh sinar matahari terlalu terik menyerang tanaman secara tiba-tiba. Penyakit ini dapat menyebabkan tanaman rentan terkena serangan cendawan pada daun sehingga buah tidak ada yang melindungi. Kejadian ini kerap terjadi saat cuaca kering yang terik. Gejala ini jarang terjadi pada buah yang masih hijau.