Penyakit yang Biasa Menyerang Pohon Durian

Pertanianku — Pohon durian yang terserang penyakit akan mengalami gangguan produktivitas sehingga menyebabkan hasil panen yang didapatkan berkurang, bahkan bisa menyebabkan pohon mati. Ada beberapa penyakit pohon durian yang harus Anda antisipasi karena bisa saja menyerang pohon durian.

penyakit pohon durian
foto: pertanianku

Kanker batang

Pohon durian bisa terserang kanker batang karena cendawan Phytophtora palmivora. Penyakit ini biasanya datang saat peralihan musim kemarau ke musim hujan. Pohon yang terkena penyakit ini memiliki luka yang mengeluarkan lendir warna merah di bagian kulit batang bawah, cairan tersebut hanya bisa dilihat sebelum jam 6 pagi. Pengendalian penyakit ini bisa dilakukan dengan menjaga sanitasi kebun dan menggunakan bubur bordo atau fungisida Metalxyl.

Loading...

Busuk akar

Penyakit ini disebabkan oleh Phytum complectens Braun, pohon yang mengalami penyakit busuk akar ditandai dengan munculnya bercak nekrotik pada bagian akar lareal, mulai dari bagian ujung. Jika dilihat dari luar, akar yang sakit akan tampak normal. Penyakit ini bisa dicegah dengan memperbaiki sistem drainase di kebun dan memiliki varietas dengan batang bawah yang tahan penyakit. Tanaman yang sudah terserang harus dibongkar dan dimusnahkan.

Bercak daun

Penyakit bercak daun disebabkan oleh cendawan Rizoctonia solani. Cendawan ini hidup di dalam tanah dan bisa menyerang pohon durian saat masih pembibitan hingga sudah ditanam di kebun. Pohon yang terserang penyakit ini memiliki daun yang bebercak besar kering. Penyakit ini bisa dicegah dengan penjarangan jarak tanam. Sementara itu, untuk tanaman yang sudah terserang harus segera dimusnahkan dengan memangkas ranting dan menyemprotkan fungisida.

Jamur upas

Penyakit jamur upas disebut juga sebagai pink disease. Pohon yang terkena penyakit ini akan memiliki cairan kuning di bagian bawah batang dan diselimuti benang-benang jamur berwarna mengilap seperti laba-laba. Penyakit jamur upas bisa dicegah dengan menggunakan jarak tanam yang ideal dan menjaga sanitasi kebun. Untuk tanaman yang sudah terkena penyakit, berikan fungisida berbahan aktif Mankozeb secara rutin dengan dosis yang dianjurkan.

Baca Juga:  Hama Pohon Kayu Manis yang Harus Diwaspadai

Akar putih

Penyakit akar putih disebabkan oleh jamur Rigodoprus lignosus. Penyakit ini mengakibatkan warna daun berubah menjadi kuning lalu cokelat. Penyakit ini bisa dikendalikan dengan menggunakan bibit yang sehat dan bebas penyakit, memperbaiki drainase, memberikan agen hayati, serta menjaga kelembapan tanah perkebunan.

Loading...
Loading...