Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Kapulaga

Pertanianku — Semua tanaman rempah yang biasanya digunakan untuk menambah aroma serta cita rasa masakan sebenarnya memiliki khasiat untuk dijadikan obat herba. Salah satu rempah tersebut adalah kapulaga yang memiliki nama ilmiah Amomum cardamomoum. Ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah kapulaga.

kapulaga
foto: pertanianku

Di beberapa daerah, tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda, seperti di Bali bernama kapolagha, di Sunda disebut palago, di Minangkabau disebut pelaga puwar, dan di Bugis bernama gandimog. Sementara itu, nama internasional rempah ini adalah ronde kardemon.

Jika dimakan mentah, biji kapulaga memiliki rasa yang agak pahit dan bersifat hangat. Rempah-rempah ini memiliki kandungan kimia berupa minyak terbal sineol, terpineol, dan alfaboreol, betakamper, protein, gula, lemak, dan silikat.

Loading...

Dari kandungan yang dimiliki kapulaga, rempah ini bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti batuk, perut kembung, penurun panas, antitusid, peluruh dahak, dan antimuntah.

Bagian yang biasanya dimanfaatkan dari tanaman ini adalah akar dan buah kapulaga. Untuk mendapatkan khasiatnya, tanaman tersebut harus diolah menjadi berbagai menu ramuan obat herbal. Berikut ini menu ramuan herbal yang bisa dibuat dari kapulaga.

Batuk

Cuci bersih 6 gram rempah ini dan rebus dengan 200 ml air selama 15 menit. Dinginkan air rebusan dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan secara rutin hingga batuk benar-benar sembuh.

Bau badan

Rebus 5 gram rempah ini, 100 gram akar alang-alang, dan 1—2 batang benalu teh dengan 2 gelas air. Rebus hingga air menyusut tersisa 1 gelas. Dinginkan air rebusan dan saring. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Demam dan panas

Cuci 10 gram kapulaga, 25 gram pulosari, 10 gram bawang putih, 25 gram merica, dan 25 gram kunyit hingga bersih. Selanjutnya, campur menjadi satu dan tumbuh hingga halus semua bahan. Tambahkan air panas secukupnya sehingga ramuan membentuk larutan. Tambahkan satu sendok madu murni dan dua butir kuning telur ayam kampung. Aduk hingga rata dan minum larutan 2—3 jam setelah makan malam setiap hari selama 1 bulan agar panas dan demam mereda.

Baca Juga:  Sayuran yang Tumbuh Subur Saat Musim Kemarau

Kejang perut dan rematik

Seduh 6 gram rempah yang sudah dikeringkan dengan 1 gelas air mendidih, lalu dinginkan. Minum sekaligus 1 gelas sehari.

Loading...
Loading...