Penyakit yang Bisa Disembuhkan oleh Bunga Kamboja

Pertanianku — Di Indonesia, bunga kamboja identik dengan pemakaman atau hal-hal mistis lainnya. Padahal, bunga indah dengan aromanya yang sangat khas ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Hal tersebut dikarenakan bunga kamboja mengandung beberapa senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh.

bunga kamboja
foto: pixabay

Bagian yang bisa dimanfaatkan dari bunga kamboja adalah bunga kering, getah, daun, kulit batang, dan akar. Efek farmakologis yang ditimbulkan dari bunga ini adalah penurun panas, peluruh kencing, dan obat batuk. Bagian kayunya bisa digunakan sebagai pelancar buang air besar. Sementara, bagian getah, daun, kulit batang, akar serta bagian tumbuhan lainnya bisa digunakan untuk mencegah pingsan akibat udara panas, disentri basiler, dan masih banyak lagi.

Untuk mengonsumsinya, Anda harus meracik tanaman kamboja dengan beberapa bahan tambahan agar obat herbal dapat bekerja lebih optimal. Berikut ini beberapa ramuan herbal dari tanaman kamboja untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu.

Loading...

Bisul

Cuci bersih daun kamboja lalu panaskan sampai daun lemas. Olesi dengan minyak kelapa dan tempelkan pada bagian bisul. Atau, Anda bisa memanfaatkan bagian getahnya yang langsung dioleskan ke bagian bisul sebanyak dua kali sehari. Lakukan secara rutin hingga bisul menghilang.

Disentri

Rebus 12—14 gram bunga kamboja kering dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut dan minum.

Gigi berlubang

Oleskan getah ada kapas dan letakkan kapas tersebut untuk menutupi gigi yang berlubang. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena gigi yang sehat.

Telapak kaki bengkak dan pecah-pecah

Rebus 1 potong kulit kamboja dengan 3 liter air hingga mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki selagi masih hangat untuk menghilangkan kulit pecah-pecah serta mengatasi kaki yang bengkak.

Baca Juga:  Sawi Langit, Tanaman Liar yang Berkhasiat sebagai Obat Herbal

Tumor

Giling halus kulit kayu kamboja dan tambahkan air secukupnya, aduk ramuan hingga teskturnya seperti bubur. Tempelkan pada bagian yang ada benjolannya.

Kencing nanah

Rebus 1 potong akar kamboja dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusan dan minum air rebusan tersebut.

 

 

 

 

Loading...
Loading...