Penyebab Anak Ayam Menjadi Stres yang Wajib Diwaspadai

Pertanianku — Stres yang diderita oleh ayam akan memengaruhi kondisi kesehatannya, sedangkan pada anak ayam dapat menghambat pembentukan antibodi. Oleh karena itu, baik anak ayam maupun ayam yang sudah dewasa tidak boleh sampai stres karena dapat memengaruhi kondisi kesehatan hingga menyebabkan kematian. Berikut ini 4 hal yang harus dihindarkan karena dapat menyebabkan anak ayam stres.

anak ayam stres
foto: Pertanianku

Suhu yang tidak tepat

Suhu di dalam kandang harus sesuai dengan kebutuhan ayam, terutama untuk kandang anak ayam. Anak ayam masih belum mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri hingga berumur satu minggu. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan sumber panas di dalam kandang untuk menaikkan suhu tubuhnya.

Anak ayam baru mampu mengatur suhu tubuhnya setelah berumur 7—8 hari, setelah bagian otak anak ayam dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Pemberian pakan yang tidak tepat

Pakan dan minum menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan anak ayam stres. Sebaiknya, letakan tempat pakan di lokasi yang tepat sehingga anak ayam tidak perlu meninggalkan pemanas untuk meraih tempat pakan tersebut. Selain itu, tempat pakan tersebut harus selalu terisi dengan pakan. Anda harus perhatikan kerataan dan kemudahan anak ayam mencapai tempat pakan.

Selain pakan, Anda juga harus memerhatikan ketersediaan air. Sumber air yang digunakan harus bersih dan air harus selalu tersedia di dalam kandang. Anak ayam yang masih berumur dua minggu tidak boleh sampai kelaparan dan kehausan.

Terkena infeksi kuman atau organisme penyakit

Ayam yang berada di fase brooding cukup rentan terkena koksidiosis dan IBD (gumboro). Kedua penyakit tersebut masih terbilang cukup tinggi di negara tropis, seperti di Indonesia. Penyakit koksidiosis dan IBD hanya bisa dikontrol dengan pemberian vaksin yang ketat dan sesuai dengan kondisi lingkungan.

Baca Juga:  Ekstensif, Sistem Ternak Ayam Kampung yang Sering Digunakan Masyarakat Pedesaan

Pelaksanaan vaksin yang kurang tepat

Selama masa brooding, anak ayam butuh melalui beberapa program vaksin yang dilakukan sejak minggu pertama. Vaksin pertama yang biasanya dilakukan adalah vaksin ND dan IB. Vaksin-vaksin selanjutnya akan disesuaikan dengan tantangan virus/kuman di wilayah peternakan.

Litter basah

Litter tidak sekadar menjadi alas di dalam kandang, litter juga berguna untuk mengatur suhu dan kelembapan di dalam kandang agar tetap stabil. Selama tiga minggu pertama, anak ayam tidak boleh menggunakan litter yang lembap. Setelah masa itu, anak ayam sudah bisa menggunakan litter dengan tingkat kelembapan sekitar 25 persen.

 

 

 

 


loading...