Penyebab Burung Kenari Gagal Tampil Memukau

Pertanianku Burung kenari sudah cukup lama dikenal di pasaran burung kicau. Burung ini dianggap sebagai burung ocehan yang cukup sulit dirawat. Burung kenari bisa tampil memukau jika perawatan yang diberikan tepat. Begitu pun sebaliknya, bila perawatan tidak dilakukan dengan benar, kenari akan sulit untuk tampil dengan baik.

burung kenari
foto: Pixabay

Ada banyak penyebab burung kenari tidak bisa tampil dengan baik, seperti stres, kurang sehat, dan sedang mengalami ganti bulu atau akan mengalami ganti bulu.

Stres

Stres sering menimpa burung yang kurang terlatih. Apabila burung yang stres dipaksakan mengikuti kontes, penampilannya pasti kurang baik atau tidak bisa memaksimalkan keunggulan yang dimiliki.

Mental kenari bisa ditempa dengan menggantungkan sangkarnya pada tempat yang rendah, melakukan pemindahan sangkar secara rutin, dan dilatih bersama dengan kenari lain.

Kurang sehat

Kenari yang kurang sehat tidak akan bisa tampil bagus di arena kontes. Burung kenari yang kurang sehat bila dipaksakan tampil di dalam kontes, kicauan yang dikeluarkan pasti tidak maksimal, bahkan ada yang sama sekali tidak mau berkicau.

Kondisi kesehatan kenari bisa dijaga dengan pemberian pakan dan minum berkualitas. Kenari harus dijaga agar tidak kegemukan sehingga pemberian pakan harus dibatasi. Satu minggu menjelang kontes, porsi pakan biji-bijian harus dibatasi. Sementara itu, porsi sayuran dan buah lebih diperbanyak agar suaranya lebih jernih dan burung tetap sehat.

Ganti bulu

Kenari yang sedang dalam proses penyempurnaan bulu atau memasuki masa penuaan, tidak akan maksimal penampilannya dalam kontes. Bulu kenari (terutama bulu sayap) yang belum tua tampak belum rata panjangnya, warnanya juga masih belum menua atau cerah. Bulu yang akan mengalami kerontokan tampak kusam dan agak kasar karena mulai terjadi pengeroposan.

Baca Juga:  Kiat Meminimalisir Tingkat Birahi Burung Kicau yang Tinggi

Untuk mengatasi permasalahan ganti bulu, sebaiknya tidak membawa kenari untuk dikonteskan 1–1,5 bulan menjelang kenari ganti bulu. Hal ini karena daya tahan tubuhnya sedang merosot. Waktu yang paling baik untuk membawa kenari dalam kontes adalah setelah tiga bulan lebih mengalami ganti bulu sampai dua bulan menjelang ganti bulu.

Dalam hal ini, penampilan prima kenari (5–6 bulan) lebih pendek dari waktu penampilan prima burung berkicau lain yang sering ditampilkan dalam kontes kicauan burung (7–9 bulan).