Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Ayam Saling Patuk

Pertanianku — Bukan kejadian yang aneh apabila Anda mendapati anak ayam saling patuk di dalam kandang. Hal ini karena tingkat kanibalisme ayam yang masih berumur 4—20 minggu atau sedang di masa grower terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan ayam yang sudah berproduksi.

anak ayam saling patuk
foto: Pertanianku

Kondisi anak ayam yang saling patuk disebabkan oleh pakan yang diberikan kurang. Pembatasan jumlah pakan memang perlu dilakukan pada anak ayam untuk menghindari kelebihan berat badan.

Jika ada anak ayam yang terluka akibat patukan anak ayam lain, segera pisahkan anak ayam tersebut. Pasalnya, warna merah pada tubuh anak yang terluka bisa menjadi perhatian bagi anak-anak ayam lain yang masih sehat. Otomatis, anak ayam yang sakit akan menjadi target penyerangan.

Untuk menghindari kejadian tersebut, Anda bisa memasang tali rafia di dinding. Hal ini agar perhatian anak ayam akan teralih pada tali tersebut sehingga anak ayam sibuk mematuk-matuk tali. Selain itu, galon air minum jangan diangkat supaya ayam bisa bermain dengan air minum.

Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah melakukan pemotongan paruh. Beberapa peternak ayam sering melakukan pemotongan paruh untuk menghilangkan sifat kanibalisme ayam. Pemotongan paruh sebaiknya dilakukan pada malam hari ketika anak ayam sudah berusia 9—10 hari. Namun, cara ini sebenarnya tidak memberikan jaminan 100 persen dapat menghilangkan sifat kanibalisme.

Anak ayam yang akan dipotong paruhnya harus dalam kondisi sehat serta tidak dalam kondisi stres. Anda juga perlu memberikan vitamin K sebelum dan sesudah pemotongan. Jangan sekali-kali memotong paruh anak ayam yang sakit atau stres karena hal tersebut dapat memperburuk kondisinya sehingga makin sakit dan mengakibatkan kematian.

Pemotongan paruh dilakukan pada ayam jantan dan betina. Pada ayam jantan, Anda juga harus memberikan perawatan berupa pemotongan kuku jari di bagian belakang dengan menggunakan alat debeker. Pemotongan paruh harus dilakukan oleh peternak yang sudah andal agar tidak menyakiti ayam.

Baca Juga:  Membuat Pupuk Organik Cair dari Urine Sapi

Ayam yang sudah menjalani proses potong paruh harus terus dikontrol, terkait nafsu makan dan cara minum, untuk memastikan tidak ada efek negatif dari pemotongan tersebut.