Penyebab Daun Tomat Dipenuhi Embun Jelaga Berwarna Hitam

Pertanianku— Kondisi fisik yang tidak normal merupakan pertanda adanya serangan yang disebabkan oleh hama, bakteri, atau virus. Salah satu kejadian tidak normal yang kerap ditemukan adalah daun tomat yang dipenuhi oleh embun jelaga berwarna hitam. Kondisi tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh kutu kebul (Bemicia tabaci).

daun tomat
foto: Pertanianku

Kutu kebul merupakan spesies kutu yang sangat merugikan. Hal ini karena bisa menurunkan produktivitas tanaman sebab berperan sebagai vektor begomovirus.

Kutu kebul tidak hanya menyerang tanaman tomat, tetapi juga sering menyerang tanaman inangnya seperti cabai, kentang, mentimun, semangka, melon, terung, kubis, buncis, selada, gerbera, ubi jalar, singkong, kedelai, tembakau, dan lada.

Serangan kutu kebul membuat penampilan daun pohon tomat berubah menjadi berwarna hitam. Jika pohon sudah terserang oleh begomovirus, tanaman dapat mengalami penyakit keriting kuning yang bisa menurunkan produktivitas pohon sebanyak 20—100 persen.

Hama ini bisa dikendalikan dengan melakukan pergiliran tanaman dengan tanaman lain yang bukan menjadi inang bagi hama kutu kebul.

Anda harus mengendalikan populasi gulma seperti babandotan, puteri malu, kacang tanah hias, dan ciplukan yang menjadi tanaman inang bagi begomovirus. Dengan begitu, kecil kemungkinan akan terjadi penularan virus yang tengah diserang kutu kebul.

Kutu kebul bisa membuat tanaman rusak karena bekas tusukan siletnya. Luka bekas tusukan tersebut dapat menyebabkan tanaman menjadi lemah dan layu sehingga tanaman mengalami hambatan pertumbuhan dan tidak bisa menghasilkan panen.

Daun dan buah tomat yang sudah ditumbuhi oleh embun jelaga dapat menghalangi proses fotosintesis sehingga pertumbuhan buah dan daun menjadi tidak optimal. Mutu buah pun menjadi berkurang secara drastis.

Tanaman yang sudah terindikasi terserang kutu kebul harus segera disingkirkan untuk mencegah penularan menjadi lebih luas lagi. Tanaman yang sakit dikumpulkan dan harus dibakar.

Baca Juga:  Kumbang, Hama pada Budidaya Jamur yang Meresahkan

Anda bisa menggunakan perangkap berwarna kuning sebanyak 1 buah tiap 100 m2. Jika kesulitan mendapatkan perangkap tersebut, Anda bisa mengecat botol mineral bekas dengan cat warna kuning, lalu balurkan lem tikus agar kutu kebul terperangkap di permukaan botol tersebut.

Insektisida yang bisa digunakan untuk mencegah serangan hama kutu kebul adalah Teflubenzuron 50 EC, Permetrin 25 EC, Imidakloropid 200 SL, dan Metidation.

 


loading...