Penyebab Getah Karet Menggumpal atau Prakoagulasi

Pertanianku — Getah karet yang sudah dipanen bisa mengalami penggumpalan atau pembekuan saat di perjalanan dari area perkebunan menuju pabrik atau tempat pengolahan. Getah karet yang menggumpal disebut dengan prakoagulasi. Kejadian ini bisa menimbulkan kerugian yang tidak sedikit untuk petani. Hasil sadapan yang menggumpal hanya bisa digunakan sebagai karet berkualitas rendah.

prakoagulasi
foto: pertanianku

Penyebab utama prakoagulasi adalah kemantapan bagian koloidal yang terkandung di dalam lateks berkurang. Bagian-bagian koloidal ini kemudian akan menggumpal menjadi satu dan membentuk komponen berukuran besar. Komponen tersebut lama-kelamaan akan membeku.

Getah karet atau lateks merupakan suspens kolodial dari air dan bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Seluruh kandungan yang ada di dalam getah karet tidak terlarut sempurna, malinan terpencar secara homogen atau merata di dalam air. Paritek kolodial cukup kecil dan halus sehingga bisa menembus saringan.

Loading...

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya prakoagulasi, di antaranya jenis pohon karet itu sendiri, enzim, mikroorganisme, dan faktor cuaca.

Jenis karet

Tiap jenis karet memiliki lateks atau getah yang berbeda-beda. Hal tersebut menyebabkan kestabilan atau kemantapan kolodialnya juga berbeda. Ada klon-klon tertentu yang rendah kadar kestabilan. Namun, banyak juga jenis karet yang memiliki kadar kestabilan kolodial yang tinggi. Kadar kestabilan sedikit banyak memengaruhi terjadinya penggumpalan.

Enzim-enzim

Enzim dikenal sebagai iokatalis yang mampu mempercepat berlangsungnya reaksi meskipun hanya berjumlah kecil. Cara kerjanya adalah mengubah susunan protein yang melapisi bahan-bahan karet. Akibatnya, kemantapan lateks menjadi berkurang dan terjadilah prakoagulasi. Enzim-enzim tersebut baru aktif setelah lateks keluar dari batang yang disadap.

Mikroorganisme

Mikroorganisme yang dapat menyebabkan getah karet menggumpal tersebar di seluruh area perkebunan, mulai dari udara, tanah, air, hingga menempel di alat-alat yang digunakan oleh petani. Getah yang baru disadap keluar dari batang sebenarnya steril dan sehat. Namun, pohon yang baru disadap mudah terserang infeksi oleh jasad renik. Jasad renik yang masuk ke lateks bisa menghasilkan senyawa asam yang bisa menyebabkan penggumpalan.

Baca Juga:  Cara Pemberian Pupuk pada Sistem Tumpang Sari Cabai dan Bawang Merah

Faktor cuaca

Faktor cuaca juga bisa menyebabkan penggumpalan. Pada saat musim kemarau, tanaman akan menggugurkan daun dan penggumpalan getah karet akan lebih sering terjadi. Begitu juga pada musim hujan.

Loading...
Loading...