Penyebab Kambing Keguguran, Tips dan Trik Menghindarinya

Pertanianku— Kambing bunting harus mendapatkan perawatan yang tepat agar tidak mengalami keguguran atau kesulitan dalam melahirkan. Ada banyak faktor yang menyebabkan kambing keguguran. Sebenarnya, faktor tersebut bisa diminimalisir dengan teknik perawatan yang benar. Berikut ini tips dan trik menghindari kambing bunting mengalami keguguran.

kambing keguguran
foto : Pertanianku

Kondisi kandang yang tidak tepat

Sering kali peternak mengabaikan kondisi kandang sehingga menyebabkan kambingnya mengalami keguguran. Kambing yang sedang bunting sebaiknya dipisahkan dari kandang utama ke kandang khusus.

Kondisi kandang yang kurang diperhatikan dapat menyebabkan kambing terluka atau terjatuh. Oleh karena itu, pastikan lantai kandang tidak licin dan sempit. Kandang yang nyaman dan aman dapat membuat kambing bergerak dengan bebas dan tidak tergelincir.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah intensitas cahaya matahari. Pastikan kandang mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap saat. Cahaya matahari dapat membuat tubuh kambing bunting menjadi tetap sehat dan kuat sehingga proses melahirkan dapat berjalan lancar.

Pemberian pakan yang kurang tepat

Kambing bunting membutuhkan asupan pakan yang sedikit berbeda dengan kambing pada umumnya. Peternak harus memerhatikan pakan yang diberikan agar pertumbuhan janin di dalam tubuh kambing bisa lebih baik dan optimal.

Kebutuhan pakan kambing akan terus meningkat seiring bertambahnya umur kehamilan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Peternak harus melakukan peningkatan pakan secara bertahap mulai dari 8—14 minggu. Peningkatan pakan dapat memengaruhi tumbuh kembang janin di dalam perut sang induk.

Pakan juga dibutuhkan untuk memproduksi susu di dalam kelenjar susu induk. Susu tersebut sangat penting untuk kebutuhan asupan cempe yang baru lahir. Produksi susu ditandai dengan membesarnya ukuran ambing.

Meskipun induk membutuhkan pakan dengan kuantitas yang lebih banyak, induk juga tidak bisa diberikan pakan secara berlebih, apalagi untuk induk yang masih muda. Pemberian pakan yang berlebihan dapat menyebabkan janin di dalam perut terlalu besar sehingga proses melahirkan menjadi lebih sulit.

Baca Juga:  Ciri-ciri DOC Ayam Elba Petelur yang Bagus

Jangan berikan pakan hijauan bergetah karena bisa menyebabkan kambing sering berkemih. Beberapa kasus menyebutkan kambing keguguran karena sering mengalami berkemih.

Merawat kambing yang sedang bunting hingga akhirnya melahirkan sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja membutuhkan ketelitian dan komitmen. Dalam buku 99 Persen Gagal Beternak Kambing terbitan Penebar Swadaya membahas berbagai cara mengatasi permasalahan yang kerap timbul saat beternak kambing. Buku ini cocok untuk Anda yang ingin belajar banyak hal mengenai ternak kambing dari kesalahan-kesahalan yang sudah pernah dialami peternak sebelumnya. Untuk mendapatkan buku ini sebagai referensi usaha, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.


loading...