Penyebab Kegagalan Pemberian Vaksin pada Sapi

Pertanianku — Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah sapi ternak jatuh sakit akibat serangan virus atau bakteri. Pemberian vaksin pada sapi tidak selalu berjalan mulus sehingga mampu melindungi sapi, kadang beberapa peternak mengalami kegagalan saat memberikan vaksin.

vaksin pada sapi
foto: Pertanianku

Kegagalan vaksinasi dapat menyebabkan sapi mudah terserang penyakit karena vaksin tidak bisa memicu sistem kekebalan di dalam tubuh. Pemberian vaksin yang gagal malah akan menyebabkan vaksin menjadi terbuang sia-sia, padahal harga vaksin memengaruhi anggaran biaya produksi. Oleh karena itu, Anda harus jeli ketika ingin memberikan vaksin pada sapi.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan vaksin pada sapi tidak bisa bekerja, mulai dari faktor kesalahan teknis hingga kondisi sapi.

Kesalahan teknis

Kesalahan teknis umumnya dilakukan oleh peternak. Kesalahan tersebut bisa muncul karena ketidaktahuan dan minimnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh peternak. Ada banyak jenis vaksin yang beredar di pasaran dan setiap jenis hanya bisa digunakan untuk melindungi sapi dari satu jenis penyakit. Kesalahan yang sering terjadi adalah salah mendiagnosis penyakit yang dilakukan oleh peternak sehingga menyebabkan kesalahan memilih jenis vaksin.

Kesalahan teknis lainnya yang sering dilakukan adalah salah mengaplikasikan vaksin, termasuk juga salah ketika menyimpan, menggunakan, dan takaran dosis yang digunakan. Vaksin harus disimpan di ruang khusus agar tidak rusak. Jika sudah dibuka, vaksin harus segera digunakan dan tidak bisa disimpan.

Biasanya, di setiap kemasan vaksin tertera tata cara penyimpanan, penggunaan, dan takaran dosis. Peternak terkadang abai dengan petunjuk tersebut sehingga menggunakannya sembarangan.

Kondisi kandang

Kandang yang kurang baik dapat membuat vaksin tidak bisa bekerja. Kondisi kandang yang buruk dapat membuat sapi mudah terinfeksi, akibatnya kondisi kesehatan sapi menjadi jelek atau buruk. Salah satu komponen dalam kandang yang harus selalu diperhatikan adalah ventilasi udara. Ventilasi berfungsi sebagai jalur keluar masuknya udara di dalam kandang.

Baca Juga:  Jurus Beternak Ayam Elba agar Berproduksi Sesuai Harapan

Kondisi ventilasi kandang yang buruk dapat menyebabkan sirkulasi udara di dalam kandang menjadi jelek. Kondisi tersebut dapat langsung memengaruhi kondisi kesehatan sapi.

Ternak tidak mampu menghasilkan respons kekebalan

Ternak yang akan diberikan vaksin harus dalam keadaan sehat tidak boleh sedang sakit, kekurangan nutrisi, dan stres. Dalam kondisi tersebut, sapi tidak bisa menerima respons sehingga vaksin tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.