Penyebab Kegagalan Peternakan Kambing yang Sering Terjadi

Pertanianku — Salah satu kemungkinan saat menjalankan usaha peternakan kambing adalah kegagalan. Kemungkinan kegagalan pasti ada, hanya saja besar kecilnya kemungkinan tersebut sebenarnya ditentukan oleh Anda sendiri. Penyebab kegagalan peternakan kambing harus diketahui agar bisa melakukan evaluasi dan memperbaiki kesalahan tersebut.

peternakan kambing
foto: pixabay

Berikut ini beberapa penyebab kegagalan peternakan kambing yang secara tidak sadar dilakukan oleh peternak.

Tidak memliki perencanaan bisnis

Loading...

Penyebab yang cukup paling sering dialami oleh peternak adalah tidak memiliki perencanaan bisnis yang baik dan jelas. Perencanaan bisnis tidak perlu dibuat terlalu rumit dengan berbagai model perencanaan bisnis yang ada. Peternak hanya perlu menuliskan perencanaan bisnis mulai dari pembangunan kandang, proses perawatan, panen, segmentasi pelanggan, hingga cara pemasaran.

Seluruh aspek dalam perencanaan bisnis harus tertulis dengan jelas, termasuk visi misi dan targetnya. Hal ini berguna sebagai pedoman Anda selama proses peternakan.

Tidak memiliki manajemen arus kas yang baik

Manajemen arus kas sangat berguna untuk mengefisiensikan modal yang Anda miliki. Usaha peternakan bukan hanya berkaitan dengan menggemukkan kambing atau pemasarannya. Anda harus pintar mengelola arus kas agar penghasilan yang Anda dapatkan lebih optimal.

Tidak memiliki kebijakan harga yang baik

Harga penjualan harus ditentukan dengan benar, jangan sampai kemahalan atau kemurahan. Salah satu cara menentukan harga jual adalah dengan memantau perkembangan harga kambing di pasaran. Setelah itu, bandingkan dengan biaya perawatan yang sudah Anda keluarkan, apakah masih bisa seimbang dan memberikan keuntungan atau justru malah membuat Anda merugi.

Harga jual sangat erat kaitannya dengan kualitas kambing yang Anda berikan. Oleh karena itu, selain melihat harga pasar, harga yang Anda berikan harus sesuai dengan kualitas kambing yang dihasilkan.

Baca Juga:  Resep Sate Bebek Mudah dan Lezat

Promosinya kurang

Selain rutin memantau kondisi kambing, Anda juga harus rutin melakukan promosi. Promosi tidak bisa dilakukan hanya sekali, butuh berkali-kali percobaan untuk menarik perhatian pelanggan.

Penggunaan karyawan yang tidak berkompeten

Jika Anda mempekerjakan orang lain, pastikan karyawan yang digunakan kompeten dan setidaknya memahami pekerjaan yang akan dilakukan.

Loading...
Loading...