Penyebab Kematian Anak Ayam yang Berumur 2–7 Hari

Pertanianku — Kematian menjadi permasalahan yang sering timbul saat pemeliharaan DOC. Kematian anak ayam bisa disebabkan oleh pemberian pakan yang kurang tepat atau kondisi ayam stres. Kondisi ini sebaiknya Anda minimalisir agar tidak menyebabkan kerugian yang begitu besar. Berikut ini beberapa langkah mengatasi kematian anak ayam dilansir dari buku 99% Gagal Beternak Ayam Petelur.

kematian anak ayam
foto: pertanianku

Pemberian pakan

Pada masa DOC, pemberian pakan dilakukan secara terus-menerus setiap hari menggunakan nampan yang diberikan alas koran selama tiga hari. Nampan tersebut tidak boleh sampai kosong selama lampu di dalam kandang masih menyala. Nampan yang terlihat kotor dan bercampur dengan litter harus segera diayak dan dibersihkan di luar lingkaran brooder, kemudian ditampung. Cara pemberian ini dilakukan hingga anak ayam berumur enam hari.

Selanjutnya, pakan untuk starter harus dihaluskan terlebih dahulu untuk tiga hari pemberian. Satu nampan digunakan untuk memberi pakan kepada 30 ekor anak ayam. Pakan yang diberikan sedikit demi sedikit bisa Anda simpan di dalam chichk feeder. Umumnya, frekuensi pemberian pakan sebanyak tujuh kali atau lebih sering akan lebih baik.

Ayam stres

Ayam-ayam yang dibudidayakan saat ini cenderung memiliki fisik yang lemah, mudah stres, dan menghabiskan pakan lebih sedikit. Sementara itu, ayam pada zaman dulu cenderung lebih kuat, tingkat kematian rendah, tetapi lebih banyak mengonsumsi pakan untuk mendapatkan bobot tubuh yang relatif sama.

Hal di atas menunjukkan perkembangan sel ayam zaman sekarang jauh lebih cepat sehingga ayam tersebut sudah memiliki dasar ayam menjadi stres. Oleh karena itu, Anda jangan memperparah kondisi dengan manajemen pemeliharaan yang buruk karena ayam rentan stres.

Biasanya, stres disebabkan oleh tingkat kepadatan di dalam kandang yang tinggi dan diperburuk dengan jumlah tempat pakan yang kurang.

Baca Juga:  Jenis Ayam Hias yang Disenangi Orang Indonesia

Masih banyak informasi menarik tentang merawat ayam petelur dari awal DOC sampai panen di dalam buku 99% Gagal Beternak Ayam Petelur. Mulai dari cara memberikan pakan, perawatan setiap hari, hingga cara menangani ayam petelur saat sakit. Anda bisa mendapatkan buku tersebut dengan mengunjungi toko resmi Penebar Swadaya di Tokopedia atau Shopee.