Penyebab Kerugian Beternak Ayam Kampung yang Tidak Bisa Dikendalikan

Pertanianku — Hasil dari beternak ayam kampung tidak selamanya bagus dan menyenangkan, terkadang Anda bisa mendapatkan hasil buruk seperti kerugian. Padahal, Anda sudah berusaha merawat ayam dengan sedemikian rupa untuk meminimalisir kerugian. Namun, faktanya kerugian akan tetap ada karena beberapa faktor yang sulit untuk dikendalikan, simak ulasan berikut ini.

beternak ayam kampungf
foto: Pertaninku

Kondisi perekonomian yang tidak mendukung

Kondisi perekonomian yang tidak bagus merupakan penyebab kerugian yang sulit dikendalikan. Faktor ini sangat dipengaruhi oleh penguasa yang dapat mempertahankan kondisi iklim perekonomian untuk tetap baik-baik saja.

Misalnya saja, di masa pandemi Covid-19 ini, kondisi perekonomian menurun drastis karena banyak industri yang terhenti dan mengalami penurunan pendapatan. Akibatnya, daya beli masyarakat berkurang sehingga harga ayam ikut terjun bebas menyebabkan peternak merugi.

Adanya perubahan dari sudut pembeli

Perubahan sudut pembeli bisa disebabkan oleh pergeseran selera pembeli atau adanya perubahan tingkat penghasilan. Perubahan yang berasal dari sudut pembeli dapat langsung memengaruhi keadaan usaha yang awalnya normal menjadi tidak normal.

Keadaan tidak normal yang bisa saja terjadi adalah penurunan permintaan terhadap telur dan ayam. Keadaan seperti ini kemungkinan bisa terjadi di masa yang akan datang saat perubahan generasi yang lebih menyukai makanan instan yang sudah jadi.

Dalam beberapa kasus, perubahan dari sudut pembeli merupakan faktor yang dapat menyebabkan dampak secara langsung kepada peternak, baik dampak negatif maupun positif.

Adanya perubahan jumlah peternak ayam kampung

Sudah menjadi sebuah kebiasaan, jika permintaan suatu komoditas meningkat, akan banyak orang yang mulai peruntungan dengan beternak ayam kampung. Namun, jika kondisi terjadi sebaliknya, minat masyarakat untuk beternak menjadi berkurang.

Kondisi seperti ini susah dikendalikan dan menyebabkan harga jual komoditas menjadi menurun karena banyaknya persediaan. Fenomena ini sangat sering terjadi di Indonesia.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengefisiensikan Biaya Produksi Ternak Ayam Kampung

Ketiga poin di atas memang saling terkait satu sama lain. Ketika iklim usaha baik, permintaan juga akan baik dan masyarakat mulai banyak yang tertarik beternak ayam kampung. Anda perlu menjadi peternak kreatif agar mampu mengatasi penyebab kerugian yang tidak bisa dikendalikan.


loading...