Penyebab Telur Lovebird Gagal Menetas

Pertanianku — Usaha breeding tidak ada yang selalu mulus, terkadang breeder akan menemui berbagai kendala yang menyebabkan proses breeding berjalan tidak lancar. Salah satu masalah yang kerap dialami breeder love bird adalah telur lovebird yang gagal menetas.

telur lovebird
foto: Pixabay

Kegagalan ini disebabkan oleh kulit telur yang terlalu tebal karena lovebird banyak mengonsumsi grit yang disediakan. Penyebab lain yang kerap ditemui adalah telur mengalami kebocoran sehingga embrio yang ada di dalamnya rusak.

Penyebab lainnya yang sering ditemui adalah kondisi sarang yang kurang terjaga. Sirkulasi udara di dalam sarang tidak baik sehingga suhu udara di kandang penangkaran terlalu tinggi bagi burung.

Kondisi sarang yang terlalu basah atau adanya pakan sayur yang dibawa oleh induk dan membusuk dan berjamur juga dapat menyebabkan telur lovebird gagal menetas.

Anda juga bisa menjumpai kasus adanya telur yang tidak menetas seluruhnya. Misalnya, induk betina menghasilkan 5–6 butir, tetapi yang menetas hanya 3–4 butir. Kegagalan tersebut sering terjadi pada telur pertama yang dikeluarkan dan telur terakhir.

Telur pertama rentan gagal menetas karena pengaruh aktivitas induk saat bertelur. Sementara itu, kegagalan yang terjadi pada telur terakhir sering disebabkan oleh pembuahan saat kawin terakhir yang menyebabkan proses pembentukan embrio tidak berlangsung sempurna.

Saat dihadapkan dengan permasalahan ini, Anda perlu mencari sumber penyebabnya agar dapat memberikan penanganan yang tepat. Permasalahan lovebird yang dibudidayakan juga tidak jauh berbeda, hanya saja penyebabnya yang tidak sama.

Masih banyak permasalahan yang kerap ditemui breeder, seperti indukan dan anak yang mati di dalam kotak sarang, kawin tetapi induk tidak bertelur, serta induk love bird tidak kunjung kawin. Jika mampu mengenali penyebab gagalnya breeding, Anda dapat mengetahui langkah apa yang mesti diambil.

Baca Juga:  Alasan di Balik Pentingnya Merawat Kuku Kuda Secara Rutin

Kenali burung cinta atau lovebird melalui buku Love Bird. Di dalamnya juga diulas cara merawat love bird hingga menyiapkan burung untuk kontes. Anda bisa mendapatkan buku Love Bird dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.