Menyediakan Bahan Pelarut Propolis


Pertanianku –  Pemilihan pelarut tergantung pada hasil akhir yang diharapkan dan tujuan penggunaannya. Langkah pertama penyiapan pelarut adalah penentuan konsentrasi hasil akhir ekstrak propolis yang diinginkan. Pelarut yang digunakan dapat berupa pelarut alkohol, glikol, atau air.

pro 4

  1. Pelarut alkohol

Pemilihan alkohol yang akan digunakan untuk ekstraksi propolis sangatlah penting. Semakin tinggi konsentrasi alkohol yang digunakan semakin efektif untuk mengekstrak propolis karena zat aktif yang terekstrak maksimal.

2. Pelarut glikol

Glikol yang biasa digunakan untuk mengekstrak propolis adalah propilen glikol. Konsentrasi yang biasa digunakan sebaiknya tidak lebih dari 10%. Ekstraksi dengan pelarut glikol biasanya digunakan dalam pembuatan kosmetik seperti lotion atau krem.

3. Pelarut air

Pelarut air cukup efektif dalam mengekstrak propolis. Namun, zat aktif yang terekstrak tidak sebanyak zat aktif yang terekstrak dengan menggunakan pelarut alkohol. Meskipun demikian, ekstraksi propolis dengan menggunakan pelarut air tidak mengurangi khasiat propolis sebagai obat.

Sumber:  Buku Propolis Madu Multikhasiat

 

Baca Juga:  Kacang Merah Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan Anda, Lho!