Penyediaan Pakan Untuk Cacing Sutera


Pertanianku – Untuk memacu pertumbuhan cacing sutera agar produksinya tetap stabil, tentu saja cacing membutuhkan pakan yang disuplai ke dalam media budi daya. Cacing sutera membutuhkan suplai pakan yang mengandung bahan organik tinggi sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Berikut langkah-langkah dalam membuat pakan untuk cacing sutera yang tidak jauh berbeda dengan pembuatan media awal. Hanya media lumpur yang tidak diikutsertakan dalam pembuatan pakan.

Penyediaan Pakan Cacing Sutera

Untuk membuat pakan cacing sutera bahan yang dibutuhkanberupa dedak, ampas tahu, dan kotoran ayam yang sudah matang  (kering). Campuran bahan-bahan tersebut difermentasi dengan probiotik dan molase agar lebih produktif. Berikut langkah-langkah pembuatan pakan untuk 3—4 kali pemakaian pada lahan seluas 50 m2.

  1. Siapkan molase sebanyak 100—200 ml dan probiotik 50—100 ml yang dicampur ke dalam 5 l air, lalu diamkan selama 2 jam.
  2. Campurkan bahan-bahan berupa 6 kg kotoran ayam, 2 kg ampas tahu, 2 kg dedak halus.
  3. Aduk semua bahan dan probiotik hingga rata, lalu masukkan ke wadah tertutup. Penutup wadah diberi lubang agar proses fermentasi berjalan lancar dan sebagian gas yang dihasilkan bisa keluar. Fermentasi dilakukan selama 5—7 hari.

Berdasarkan pengalaman Agus Tiyoso, peternak cacing sutera di Temanggung, pakan yang digunakan hanya berupa ampas tahu tanpa difermentasi. Hasilnya, mulai muncul jamur berwarna putih di dalam media nampan. Bahkan, di kolam plastik dan tanah, tumbuh subur lumut dan jamur. Setelah diteliti, hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya proses fermentasi. Pemberian pakan ini nantinya akan diberikan setiap 5—7 hari selama proses pemeliharaan berlangsung.

 

Sumber: Buku Beternak Cacing Sutera Secara Modern

 

loading...
loading...