Penyemprotaan Desinfektan Kandang yang Benar

Pertanianku — Desinfektan merupakan kebutuhan yang mulai populer sejak pandemi Covid-19. Namun, sebenarnya desinfektan sudah menjadi salah satu kebutuhan para peternak untuk mensterilkan kandang yang baru selesai dipakai. Penyemprotan desinfektan kandang dilakukan saat ternak-ternak lama sudah selesai dipelihara (panen). Biasanya, peternak melakukan penyemprotan pada masa istirahat kandang.

desinfektan kandang
foto: Pertanianku

Desinfektan yang disemprotkan ke kandang hanya bisa bekerja apabila langsung kontak dengan bibit penyakit. Oleh karena itu, penyemprotan desinfektan tidak boleh dilakukan sembarangan agar cairan tidak tersebut tidak terbuang sia-sia.

Penyemprotan desinfektan pertama kali dilakukan dengan menggunakan jetspray agar cairan bisa masuk ke seluruh pori-pori yang ada di dinding atau lantai kandang.

Seluruh bagian kandang harus disemprot, mulai dari lantai, dinding, atap, hingga udara di dalam kandang. Peternak harus memastikan seluruh bagian kandang basah karena terkena cairan desinfektan.

Peralatan yang digunakan untuk operasional harus dibersihkan juga dengan desinfektan, seperti tempat ransum, tempat minum, tirai, brooder, hingga chick guard. Selain dibersihkan, alat-alat tersebut juga diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisinya masih layak digunakan.

Peralatan yang sudah tidak layak pakai sebaiknya langsung dibuang untuk diganti dengan yang baru. Selain itu, jangan menumpuk barang-barang bekas agar tidak menimbulkan tumpukan barang yang dapat memicu binatang, seperti tikus dan kecoa.

Tempat makan didesinfeksi dengan cara direndam ke dalam larutan desinfektan selama 30 menit. Larutan yang digunakan adalah Medisep dengan dosis 15 ml tiap 10 liter air. Setelah itu, tempat makan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, pengeringan bisa dilakukan di bawah sinar matahari agar proses pengeringan berjalan lebih cepat.

Tempat penampungan air minum seperti toren penampungan air minum perlu didesinfeksi agar aman untuk ayam. Larutan desinfeksi yang bisa digunakan adalah Medisep, Neo Antisep atau Antisep.

Baca Juga:  Proses Pembuatan Pupuk Organik Kotoran Sapi

Ada banyak cairan desinfektan yang sering digunakan oleh peternak, di antaranya Formades, Sporades, Mediklin, Medisep, Antisep, atau Neo Antisep.

Rumput yang berada di sekitar kandang juga perlu dirapikan agar tidak ada nyamuk yang mengganggu hewan ternak. Pastikan juga selokan air berjalan lancar agar tidak ada genangan air yang memicu timbulnya nyamuk dan serangga lain.

 


loading...