Penyiapan Lahan Tanam Tomat


Pertanianku – Waktu penyiapan lahan dilakukan bersamaan dengan penyiapan bibit. Dalam persiapan tersebut perlu dilakukan pembersihan dan pengolahan lahan. Lahan dibebaskan dari segala macam rumput, semak, dan tanaman lain yang tidak berguna. Akar tanaman dan kotoran lain juga perlu dibersihkan.

Aspek Biologi Tomat

Pengolahan tanah dilakukan dengan cara mencangkul tanah sedalam 25—30 cm atau lebih. Semakin dalam akan semakin baik karena perakaran tomat cukup dalam. Mencangkul berarti membalikkan tanah sehingga lapisan tanah yang banyak mengandung humus posisinya jadi di bawah. Agar tujuan pengolahan tanah tercapai maka setelah dicangkul tanah dihaluskan supaya lapisan atas dengan lapisan bawahnya tercampur.

Selain itu, perlu diberi pupuk kandang yang telah matang karena pupuk kandang yang belum matang dapat membawa penyakit. Tujuan pemberian pupuk adalah untuk menambah zat-zat hara di dalam tanah dan memperbaiki struktur tanah. Zat hara tersebut penting untuk pertumbuhan tanaman. Sedangkan struktur tanah yang baik akan memudahkan akar menyerap zat hara tersebut.

Pupuk diberikan dengan cara disebar merata atau diberikan per lubang tanaman. Bila pupuk diberikan dengan cara disebar maka kebutuhannya sekitar 10—20 ton/ha atau 10—20 kg/m2. Sedangkan kebutuhan pupuk yang diberikan dalam lubang tanam sekitar 0,5—1 kg/lubang.

Tanah yang telah dicampur dengan pupuk didiamkan selama seminggu. Setelah itu, dibuat bedengan dengan lebar 100—120 cm, tinggi 30 cm, dan panjangnya sesuai lahan. Jarak antar bedengan sekitar 30 cm.

Buatlah lubang tanam dengan panjang, lebar, dan tinggi  sekitar 15—20 cm. Jarak antarlubang tanam sekitar 80 x 40 cm atau 60 x 40 cm. Agar pembuatan lubang tanam lurus, diperlukan alat bantu berupa tali, patok kayu, atau bambu. Tali direntangkan dan pada tiap calon lubang tanam ditandai dengan pita atau simpul tali. Selain itu, juga dapat dilakukan dengan cara digaris kemudian calon lubang tanam ditandai dengan patok kayu atau bambu. Setelah selesai, lubang tanam dijemur selama 1—3 hari.

Baca Juga:  Teknik Sederhana Budidaya Tanaman Pare Secara Organik

Kalau pemberian pupuk kandangnya per lubang tanam maka pemberiannya sehari sebelum tanam. Pupuk kandang tersebut dapat ditambah dengan campuran Urea, TSP, dan KCl sebanyak 25 g/lubang tanam. Dosis ketiga jenis pupuk buatan itu adalah 175 kg Urea, 350 kg TSP, dan 200 kg KCl untuk tiap hektarnya.

 

 

Sumber: Buku Budidaya Tomat Secara Komersial