Penyimpanan Pakan Ayam Tidak Boleh Sembarangan

Pertanianku — Gudang penyimpanan pakan ayam berfungsi untuk melindungi pakan dari pengaruh lingkungan, seperti perubahan suhu dan kelembapan yang terlalu ekstrem, paparan sinar matahari secara langsung, air hujan, serta hewan pengerat dan burung. Meskipun begitu, penyimpanan pakan ayam tidak boleh sembarangan karena dapat memengaruhi kualitas pakan.

pakan ayam
foto: pertanianku

Kondisi cuaca di Indonesia bisa menyebabkan perubahan kualitas pakan ayam berubah secara drastis, berbeda dengan daerah yang beriklim dingin. Oleh karena itu, gudang penyimpanan pakan ayam harus memiliki karakteristik tersendiri agar mampu melindungi kualitas pakan.

Pakan ayam dalam berbagai bentuk memiliki waktu bertahan selama 30 hari dari tanggal produksi. Setelah itu, kualitas pakan akan menurun. Oleh karena itu, peternak biasanya hanya menyimpan pakan selama 14 hari.

Loading...

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat menyimpan pakan di dalam gudang.

Suhu dan kelembapan gudang terjaga

Salah satu faktor yang harus dijaga adalah suhu dan kelembapan. Suhu yang digunakan adalah suhu ruang dan kelembapannya tidak lebih dari 70 persen. Namun, jika pakan mengandung bahan seperti premiz atau aditif pakan, suhu yang digunakan harus di bawah suhu ruang. Kelembapan yang tinggi di dalam kandang dapat menyebabkan pakan terkontaminasi dengan jamur yang menghasilkan racun.

Terpisah dari kandang ayam

Gudang yang dibangun harus terpisah dari kandang ayam untuk menghindari kontaminasi dari bahan yang tidak diinginkan dari dalam kandang ayam. Gudang yang digunakan harus terbebas dari bahan kimia, seperti pestisida, insektisida, atau racun tikus.

Menggunakan palet

Saat menyimpan pakan di gudang, Anda harus mengunakan palet setinggi 15 cm. Palet terbuat dari papan kayu yang berfungsi untuk melindungi pakan agar tidak langsung bersentuhan dengan lantai gudang.

Baca Juga:  Kendala-kendala Beternak Jangkrik

Pakan tidak boleh menempel ke dinding

Pakan yang disimpan di dalam gudang tidak boleh menempel dengan dinding. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur jarak antara tumpukan pakan dan dinding gudang. Tujuannya adalah untuk menjaga sirkulasi udara sehingga pakan tetap terjaga dalam kondisi kering.

Luas gudang

Gudang yang sebaiknya digunakan memiliki luas yang cukup untuk digunakan menumpuk pakan dengan jarak tumpukan pakan yang ideal. Selain itu, gudang sebaiknya memiliki jalur keluar masuk dengan sistem first in first out.

 

 

Loading...
Loading...