Penyubur Rambut Alami yang Mudah Dibuat

Pertanianku — Rambut merupakan mahkota yang perlu dirawat secara rutin agar tampil berkilau dan indah. Salah satu perawatan yang sering digunakan adalah penyubur rambut. Penyubur ini dapat membuat rambut menjadi lebih lebat. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda jadikan sebagai penyubur rambut alami. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa dijadikan penyubur rambut alami dan mudah didapatkan.

penyubur rambut
Foto: pixabay

Daun lidah mertua

Lidah mertua sering dipilih sebagai tanaman hias untuk menghias ruangan. Selain cantik, ternyata, tanaman ini juga berkhasiat menumbuhkan rambut. Anda memerlukan dua batang daun lidah mertua segar, kemudian cuci hingga bersih. Potong-potong daun seperlunya, lalu giling hingga halus. Setelah itu, tambahkan sedikit air sambil diaduk rata. Peras ramuan dengan sepotong kain.

Air perasan tersebut dapat digunakan untuk membasahi rambut dan kulit kepala. Selanjutnya, tutup rambut dengan sepotong kain. Lakukan perawatan ini setelah mandi sore. Keesokan harinya bilas rambut hingga bersih.

Buah asam

Siapkan buah asam yang sudah cukup tua secukupnya, kemudian campur dengan sedikit air. Aduk ramuan hingga rata, ramuan pun siap digunakan. Air asam ini bisa Anda gunakan untuk memijat kulit kepala. Setelah kering, keramas rambut seperti biasa dengan sampo.

Daun bandotan

Siapkan daun bandotan segar secukupnya, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, tumbuk bandotan hingga halus, dan ramuan pun sudah siap digunakan. Oleskan hasil tumbukan tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Selanjutnya, tutup dengan sepotong kain dan biarkan selama 2–3 jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keramas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 1–2 minggu sekali.

Jeruk purut

Gunakan 1 buah jeruk purut yang sudah tua, lalu belah menjadi dua bagian. Gosokkan jeruk purut ke kulit kepala yang bersisik dan mengelupas. Perawatan ini bisa Anda lakukan satu kali sehari pada malam sebelum tidur.

Baca Juga:  Kentang, Sumber Karbohidrat yang Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

Bayam merah

Anda bisa menggunakan daun dan batang bayam merah yang sudah dicuci hingga bersih. Tumbuk bayam merah hingga halus, kemudian tambahkan garam dan aduk hingga rata. Peras dan saring air tumbukan tersebut. Air ramuan ini bisa Anda minum sekaligus dan lakukan 2–3 kali seminggu. Ramuan ini dapat memperkuat akar rambut, tetapi tidak disarankan untuk penderita asam urat dan rematik gout.