Pepaya, Buah Murah dengan Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Pertanianku — Pepaya atau Carica papaya L. merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari Meksiko Selatan. Di Indonesia, buah ini bisa Anda jumpai di mana saja dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai jenis, mulai dari yang berbentuk lonjong, bulat, hingga silindris. Buah pepaya memang terkenal lebih ekonomis dibanding jenis buah lainnya.

buah pepaya
foto: Pertanianku

Masih banyak keunggulan buah pepaya yang kaya akan gizi sebagai komoditas buah yang menjanjikan untuk dikembangkan pada skala bisnis. Berikut ini beberapa keunggulan buah pepaya untuk peluang bisnis.

Mudah ditanam dan tidak kenal musim

Pepaya dapat tumbuh di mana saja. Umumnya, di ketinggian 200—500 m dpl dengan suhu berkisar 25—30°C. Pada ketinggian 500 m dpl, buah pepaya yang dihasilkan kurang manis. Itu sebabnya budidaya pepaya tidak disarankan dilakukan di dataran tinggi. Selain memengaruhi rasa, tanaman juga lebih mudah terserang hama karena kondisi kelembapan yang tinggi.

Pepaya dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, tetapi pertumbuhannya paling optimal tumbuh pada tanah dengan pH 6—7. Keunggulan lain dari buah pepaya adalah tidak mengenal musim. Tanaman buah ini bisa berbuah kapan saja. Itu sebabnya pepaya tidak pernah langka dan selalu ada di pasaran.

Masyarakat menyukainya

Hampir sebagian besar masyarakat menyukai buah ini karena rasanya manis, mengandung banyak air, dan menggugah selera karena daging buahnya berwarna oranye menyala. Dengan kadar airnya yang tinggi, sangat cocok disantap ketika cuaca sedang panas. Selain buah matang, masyarakat juga sering mencari buah pepaya muda untuk dibuat menjadi campuran sayur, manisan, atau campuran rujak.

Kaya gizi

Selain rasanya yang lezat, pepaya juga terkenal sebagai sumber vitamin yang baik untuk tubuh. Dalam setiap 100 gram pepaya mengandung 0,45 gram vitamin A, 0,074 gram vitamin C, 0,0434 gram kalsium, 0,011 gram fosfor, 0,204 kalium, dan 0,001 gram zat besi. Pepaya juga mengandung karbohidrat, energi, serat, lemak, abu, dan air.

Baca Juga:  Horenso, Bayam Jepang yang Bernutrisi

Getahnya juga bisa dimanfaatkan

Selama ini bagian yang paling sering dikonsumsi hanyalah buah dan daunnya, padahal getah pepaya juga bisa dimanfaatkan dalam bidang kedokteran.

Anda dapat mencoba bertanam pepaya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk berkebun pepaya, Anda bisa memperoleh benih pepaya berkualitas unggul di Toko Trubus. Selain menyediakan benih dan bibit tanaman buah berkualitas, Toko Trubus melayani konsultasi dan kebutuhan berkebun. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.