Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Pertanianku — Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) berhasil mengembangkan teknologi varietas pepaya unggul yang diberi nama pepaya carmida. Pepaya merupakan salah satu buah yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin C secara alami, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Dalam buah pepaya terkandung vitamin C sebanyak 235 mg.

pepaya carmida
foto: pixabay

Dilansir dari litbang.pertanian.go.id, pepaya carmida yang dihasilkan oleh Balitbu ini memiliki beberapa keunggulan. Pepaya carmida dapat ditanam sebanyak 1.200—1.500 tanaman per hektare. Setiap satu pohon mampu berbuah sebanyak 40 hingga 60 buah tiap musimnya. Pepaya carmida sudah bisa dipanen saat sudah berumur 7 bulan.

Pepaya carmida berbentuk lonjong atau buah elongate. Ukuran buah yang dihasilkan terbilang ideal untuk dikonsumsi oleh satu orang dalam sekali makan atau lebih dikenal sebagai one man one fruit. Tekstur daging buah yang sudah masak hampir sama seperti buah pepaya umumnya.

Loading...

Bobot buahnya hanya sekitar 500—1.500 gram dengan panjang yang mencapai 17—24 cm, lingkar buah sekitar 25—40 cm, dan ketebalan daging buah antara 2,0—4,2 cm.

Daging buahnya berwarna merah menyala dengan aromanya yang sangat harum sehingga mampu mengundang selera makan. Vitamin C yang terkandung di dalam pepaya carmida tidak kalah tinggi dengan pepaya varietas lainnya, yaitu sebanyak 75—80 mg per 100 gram daging buah.

Selain bisa ditanam dalam jumlah yang banyak, produktivitas pohon pepaya ini juga terbilang tinggi. Dalam satu hektare lahan, Anda bisa mendapatkan hasil buah sebanyak 60—75 ton.

Pepaya carmida termasuk dalam varietas unggul pepaya yang berbuah kecil sehingga sangat potensial dikembangkan menjadi industri hortikultura, baik untuk pembenihan maupun budidaya yang menghasilkan buah siap konsumsi.

Baca Juga:  Cara Menanam Pepaya California di Pot

Selain vitamin C, buah pepaya juga mengandung beberapa nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, di antaranya vitamin A, E, dan B, mineral seperti magnesium dan kalsium, serta serat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kandungan vitamin A, C dan betakaroten pada buah pepaya terbilang cukup tinggi sehingga mampu berperan untuk memperbaiki sistem imun tubuh dan menjaga daya tahan tubuh.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...