Pepaya Sebagai Tanaman Herbal

  1. Nama ilmiah : Carica papaya L.
  2. Nama daerah : gedang (Sunda); kates (Jawa); peute, betik, ralempaya, punti kayu (Sumatera); pisang malaka, bandas, manjan (Kalimantan); kalujawa, padu (Nusa Tenggara); kapalay, kaliki, dan unti jawa (Sulawesi).
  3. Nama asing : papaya (Inggris) dan fan mu gua (Cina).
  4. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Daun pepaya mengandung enzim papain, alkaloid karpaina, pseudo karpain, glikosid, karposid, dan saponin. Buahnya mengan-dung β-karoten, pektin, d-galaktosa, l-arabinosa, papain, papayotimin, dan vitokinose. Bijinya mengandung glukosida kasirin dan karpain. Sementara itu, getah pepaya mengandung papain, kemokapain, lisosim, lipase, glutamin, dan siklotransferas.


Pepaya

Efek farmakologis dari daun tanaman papaya, antara lain membantu menghilangkangkan nyeri haid pada wanita, mengobati jerawat, melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan, serta mengobati demam berdarah. Sementara itu, buah pepaya yang masih mengkal berkhasiat sebagai pencahar ringan (laksatif ), peluruh urine (diuretic), melancarkan ASI (galaktagog), dan abortivum. Selain itu, buah pepaya yang matang berkhasiat untuk memacu enzim pencernaan, peluruh empedu (kolagoga) menguatkan lambung, dan anti-scorbut.

Loading...

A. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian dari tanaman pepaya yang dapa digunakan sebagai obat adalah biji, akar, daun, dan buahnya. Berikut beberapa pemanfaatan tanaman papaya untuk mengobati penyakit.

  1. Kulit melepuh karena panas

Toreh atau potong-potonglah kulit buah pepaya. Tampung getahnya, lalu oleskan ke kulit yang melepuh. Diamkan selama sehari semalam. Jika bagian yang melepuh cukup luas, parut daging buah pepaya, lalu tempelkan.

  1. Malaria dan demam

Petiklah daun pepaya muda. Tumbuk daun hingga menjadi setengah gelas, lalu tambahkan ¾ gelas air dan sedikit garam. Peras campuran itu, lalu saring. Minum cairan ramuan 3 kali sehari dengan dosis yang sama. Lakukan pengobatan 5 hari berturut-turut.

  1. Digigit ular berbisa
Baca Juga:  Nangka Bulat Mini, Varietas Nangka dengan Getah Buah Sedikit

Ambillah 5 jari akar pepaya. Bersihkan akar, lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan akar yang telah halus pada bagian yang terkena gigitan, lalu balut. Gantilah ramuan 2 kali sehari.

  1. Cacing gelang

Sediakan 2 sendok makan biji pepaya. Giling biji hingga halus, lalu seduh dengan ½ cangkir air panas. Tambahkan ramuan dengan 1 sendok makan madu. Minumlah cairan ini panas-panas.

  1. Jerawat

Jemur 2—3 daun pepaya yang sudah tua sampai layu, lalu tumbuk halus. Tambahkan 30 ml air kemudian aduk merata. Gunakan ramuan sebagai masker.

 

Sumber: Buku 262 tanaman Obat dan Khasiatnya

 

Loading...
Loading...