Peralatan Kandang Ayam yang Harus Dimiliki

PertaniankuPeralatan kandang ayam merupakan bagian yang harus dimiliki untuk memudahkan Anda selama proses ternak ayam. Peralatan yang harus dimiliki adalah tempat pakan, tempat minum, induk buatan, tirai penutup kandang, dan peralatan kebersihan. Seluruh peralatan kandang ayam tersebut harus dirawat agar dapat bertahan lama dan tidak menjadi sumber penyakit bagi ayam.

peralatan kandang ayam
foto: pertanianku

Tempat pakan

Tempat pakan yang dibutuhkan untuk ayam berumur 1—7 hari menggunakan tempat pakan berbentuk baki. Sementara, untuk ayam yang sudah berumur 8 hari ke atas bisa menggunakan tempat pakan berbentuk tabung dan digantung. Kapasitas tabung yang biasanya tersedia di pasar adalah 3 kg, 5 kg, dan 7 kg, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri. Tabung tempat pakan tersebut biasanya digantung pada bambu atau kayu menggunakan tali tambang.

Loading...

Anda bisa menggunakan tempat pakan yang terbuat dari kotak kayu atau yang dibelah menjadi dua bagian. Tempat pakan tersebut bisa menghembat biaya produksi.

Tempat minum

Ayam berumur 1—21 hari bisa menggunakan tempat minum berukuran 1 galon. Sementara, ayam yang sudah berumur 21 hari ke atas bisa menggunakan tempat air minum berukuran 2 galon. Galon air digantung seperti tempat pakan.

Induk buatan

Induk buatan dapat berfungsi sebagai pengganti induk ayam untuk memberikan kehangatan dan kenyamanan yang optimal sehingga anak ayam merasa terlindungi selama di dalam kandang. Induk buatan terbuat dari lingkaran pelindung yang terbuat dari seng setinggi 0,5 m dan panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan. Atau, bisa juga dibuat dari boks berbahan rangka kayu dengan dinding seng jika anak ayam yang dipelihara sebanyak 500 ekor.

Tirai pentup kandang

Gunakan tirai berwarna cerah untuk menciptakan suasana terang di dalam kandang. Bahan tirai yang bisa digunakan adalah terpal, kain, atau plastik.

Baca Juga:  Lokasi Kandang Ayam Broiler yang Strategis

Peralatan kebersihan

Peralatan kebersihan yang harus ada antara lain alat penyemprot, pacul, sapu lidi, dan tempat untuk mencuci peralatan. Mencuci peralatan kandang harus dilakukan dengan disinfektan, lalu dikeringkan dan dirapikan agar seluruh peralatan kandang tidak terkontaminasi.

 

 

Loading...
Loading...