Peralatan Pendukung Budidaya Lele yang Wajib Disiapkan

Pertanianku Budidaya lele di Indonesia populer sejak 1990-an dan saat ini kegiatan tersebut sudah menjadi tren menarik di kalangan pembudidaya ikan air tawar. Pasalnya, keuntungan yang didapatkan dari membudidayakan si ikan berkumis ini cukup menjanjikan.

Budidaya lele
Foto: Google Image

Menurut William Perkasa, penulis buku Beternak Lele Itu Mudah, Kita Aja yang Bikin Repot,  untuk pemula, ada beberapa peralatan pendukung budidaya lele yang perlu Anda siapkan, seperti berikut ini.

1. Pencatatan kegiatan sehari-hari

Loading...

Biasanya, pembudidaya sering lupa, tidak terbiasa, bahkan segan melakukan pencatatan (recording) terhadap kegiatan yang dilakukan. Padahal, kegiatan ini sangat penting untuk mengetahui proses budidaya, evaluasi hasil, serta mengetahui penyebab dari kendala yang ada. Cukup menyediakan papan tulis dan spidol. Pencatatan yang perlu dilakukan di antaranya nomor kolam, bobot total ikan, ukuran ikan, kebutuhan pakan harian, tanggal sortir, jumlah kematian, dan keterangan.

2. pH meter

Alat ini digunakan untuk mengetahui pH air kolam secara rutin. Nilai pH dapat dijadikan patokan tindakan yang tepat terhadap setiap kolam.

3. Peralatan sortasi

Peralatan sortasi terdiri atas serokan, bak sortir berbagai ukuran, jaring (keramba), dan minyak goreng. Serokan digunakan untuk menyerok ikan setelah air di dalam kolam habis dikuras. Bak sortir digunakan untuk menyortir ikan berdasarkan ukurannya.

Jaring halus (keramba) digunakan untuk memisahkan ikan berdasarkan ukurannya saat sortasi dilakukan. Sementara, minyak goreng untuk mengolesi bak sortir sebelum digunakan untuk menyortir ikan agar tidak mudah terluka.

4. Peralatan pengisian air kolam

Untuk memudahkan pengisian air, pembudidaya dapat menggunakan selang atau pipa yang diarahkan ke setiap kolam. Posisi selang atau pipa dapat bersifat permanen dan khusus untuk setiap kolam. Bisa juga dibuat fleksibel atau dapat dipindah-pindahkan ke berbagai kolam yang airnya ingin diisi atau ditambahkan.

Baca Juga:  Jangan Berlebihan Saat Memberikan Pakan Ikan Nila

5. Peralatan pemberian pakan

Peralatan yang digunakan untuk memudahkan pemberian pakan adalah bak plastik dan gayung.

6. Peralatan panen

Mirip seperti peralatan sortasi, peralatan panen terdiri atas serok dan jaring (keramba), plus timbangan dan wadah hasil penampung panen.

7. Peralatan pascapanen

Setelah ikan dipanen, kolam dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Peralatan yang diperlukan antara lain sikat dan selang untuk mempermudah pembersihan kolam hingga siap digunakan kembali. Sikat juga bermanfaat untuk membersihkan dinding kolam semen sebelum digunakan pertama kali.

Loading...
Loading...