Peralatan Penunjang untuk Budidaya Ikan Patin

Pertanianku — Peralatan dibutuhkan dalam budidaya ikan patin karena dapat menunjang keberhasilan pembenihan dan pemeliharaan larva ikan patin. Meski tidak terlihat krusial, peralatan penunjang sangat dibutuhkan, apalagi bila Anda membudidayakan ikan patin secara intensif. Berikut ini beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan saat budidaya ikan patin.

budidaya ikan patin
foto: Pertanianku

Wadah penetasan telur artemia

Wadah yang digunakan sebagai penetasan telur artemia harus memiliki bagian dasar berbentuk kerucut. Biasanya, wadah yang digunakan berupa galon bekas air mineral. Apabila sulit mendapatkannya, Anda bisa menggunakan stoples berbentuk kerucut dan bergaris tengah 20–30 cm. Ukuran stoples yang digunakan minimal 5 liter.

Kateter

Kateter digunakan untuk mengetahui keseragaman diameter telur dan mengamati pergerakan inti sel telur. Proses ini dapat dilakukan dengan mengambil telur menggunakan kateter dari kantong telur. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui secara pasti induk sedang kondisi matang gonad atau tidak.

Scoop net dan seser ikan

Scoop net adalah seser halus yang digunakan untuk menangkap larva ikan berukuran kecil dan lembut. Seser berbahan halus tidak dapat menyebabkan luka pada tubuh larva atau benih berukuran kecil. Seser digunakan untuk memanen atau memindahkan larva dari satu tempat pemeliharaan ke media pemeliharaan lainnya.

Jarum suntik

Jarum suntik berfungsi memasukkan hormon ovaprim dan HCG ke dalam tubuh induk yang akan dipijahkan. Jarum suntik yang digunakan adalah jarum plastik dengan volume 3 ml atau 5 ml. Jarum suntik bisa Anda dapatkan di apotik.

Mangkok plastik

Mangkok plastik dibutuhkan sebagai wadah penampung telur dan sperma hasil pengurutan. Selain itu, mangkok juga dibutuhkan sebagai wadah untuk melakukan pembuahan buatan. Mangkok yang digunakan harus bersih dan kering.

Bulu ayam atau bulu angsa

Baca Juga:  Kebiasaan Lele di Habitat Aslinya

Bulu ayam atau angsa digunakan untuk mengaduk telur dengan sperma pada proses pembuahan buatan. Bulu ayam yang digunakan sebaiknya tebal dan memiliki rangka keras.

Kain atau handuk dan kertas tisu

Kain, handuk halus, atau kertas tisu diperlukan untuk mengeringkan tubuh induk patin yang akan diambil telur atau spermanya. Tubuh induk yang sudah dikeringkan dapat langsung diurut untuk mengambil telur atau sperma.

Timbangan gantung

Timbangan gantung digunakan untuk menimbang induk yang akan dipijahkan. Timbangan gantung yang digunakan berkapasitas 25 kg atau disesuaikan dengan timbangan yang ada.

Karung

Karung berfungsi mengangkut induk patin ke kolam pemijahan dan menampung induk yang akan ditimbang.

Obat-obatan

Obat-obatan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan pada ikan. Obat yang perlu disediakan adalah antibiotik, garam dapur, methylene blue, dan kalium permangat.