Peran Aerator Akuarium untuk Ikan Hias


Pertanianku — Ada beberapa peralatan yang biasanya digunakan untuk melengkapi akuarium, salah satunya aerator. Lantas, apa peran aerator akuarium untuk ikan hias? Apa untungnya menggunakan aerator pada akuarium?

aerator pada akuarium
Foto: Google Image

Aerator adalah sebuah alat penghasil gelembung udara yang fungsi utamanya adalah menghasilkan tambahan oksigen pada akuarium. Oksigen tersebut sangat dibutuhkan khususnya bagi ikan hias air tawar supaya bisa hidup di dalam akuarium.

Ada banyak merk dan ukuran aerator yang bisa Anda pilih. Ukuran aerator bisa Anda tentukan sesuai dengan besar atau kecilnya akuarium yang digunakan. Misalnya saja, Anda menggunakan akuarium berkapasitas 20 liter sampai 100 liter air, Anda cukup membeli aerator dengan 2 lubang.

Aerator ini juga sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin memelihara ikan dengan jumlah banyak di dalam satu akuarium yang berukuran kecil. Semakin banyak ikan yang ada di dalam akuarium, pasokan oksigen di dalamnya akan semakin menipis, dan jika dibiarkan, ikan-ikan tersebut bisa mati secara perlahan.

Oleh karena itu, peranan aerator sangat penting untuk menghasilkan oksigen yang lebih banyak di dalam akuarium. Sebab, meski di dalam air, ikan hias pun tetap membutuhkan oksigen untuk menyambung hidupnya.

Aerator dapat meningkatkan kadar oksigen bagi air sehingga sirkulasi pernapasan ikan hias di dalam akuarium tercukupi. Semakin kecil gelembung oksigen yang dihasilkan, akan semakin cepat oksigen diserap oleh air. Aeorator juga menghasilkan arus yang disukai oleh ikan hias. Selain itu, berfungsi untuk mendorong kotoran dalam akuarium masuk ke filter.

Itu juga alasan para pedagang ikan menggunakan aerator di akuarium tempat memajang ikan. Sebab, jumlah ikan yang dipajang sangat banyak, apa lagi ikan hias merupakan ikan yang cenderung paling membutuhkan banyak oksigen di dalam air.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Warna Ikan Koi dengan Cara Ini

Tak heran jika terkadang ketika kita membeli ikan hias di toko ikan, kemudian sampai rumah ikan menjadi lemas tidak seperti pada waktu yang kita lihat di toko. Itu karena ikan tersebut sudah bergantung pada oksigen dari aerator.

Namun, ada juga ikan hias yang tidak memerlukan aerator dan bisa tinggal di wadah atau akuarium yang kecil sekalipun. Ikan apakah itu?

Namanya ikan cupang, salah satu ikan dengan keunikan warna yang indah dan sifatnya yang agresif.