Peran Besar Azolla sebagai Pakan Tambahan Ikan Lele

Pertanianku — Pakan tambahan diperlukan untuk mendapatkan pertumbuhan optimal. Kekurangan pakan dapat menyebabkan ikan mati atau tidak tumbuh. Salah satu bahan pakan alternatif yang sering digunakan sebagai pakan tambahan ikan lele adalah tanaman air azolla.

azolla
foto: https://balingtan.litbang.pertanian.go.id/

Azolla mampu menggantikan sekitar 30 persen kebutuhan pakan pelet. Tanaman air ini sering digunakan oleh pembudidaya ikan untuk menyiasati pemberian pakan. Pakan alami ini dapat digunakan untuk pakan lele.

Peternak lele di daerah Purwokerto, Jawa Tengah, kerap menggunakan tanaman air ini sebagai pakan untuk menggantikan pakan pabrik. Pasalnya, pengembangan azolla sebagai bahan pakan lele terbilang sangat mudah. Anda tidak memerlukan kolam atau wadah yang luas. Tanaman air juga terbilang sangat cepat berkembang biak bila kondisi cuaca sedang mendukung. Azolla umumnya menyukai daerah bersuhu 21–28°C.

Petani bisa mulai mengembangkan pakan ini dari segenggam azolla atau sekitar 200 gram di dalam kolam terpal berukuran 3 m × 4 m. Selanjutnya, tanaman air ini akan terus berkembang dalam jumlah besar. Dengan begitu, tanaman air ini dapat menjadi pakan utama untuk lele.

Dari pengalaman beberapa pembudidaya, penggunaan azolla sebagai pakan utama lele bisa membuat lele cepat besar. Hasil tersebut bisa didapatkan dari pemberian pakan azolla dengan jumlah yang sama seperti dengan pelet. Pembudidaya lele bisa menggantikan 1 kg pelet dengan 1 kg azolla untuk menghasilkan 1 kg lele konsumsi.

Pemberian azolla yang dilakukan dalam waktu tiga bulan dapat menghasilkan lele yang sudah bisa dipanen. Lele tersebut berbobot rata-rata 200 gram/ekor.

Penggunaan azolla sebagai pakan utama dapat membuat biaya produksi ditekan sampai 40 persen. Selain itu, lele yang diberikan tanaman air ini terbukti tidak mengandung kolesterol. Tentunya, semua keberhasilan tersebut bisa Anda dapatkan jika pemberian pakan diiringi dengan pemeliharaan yang benar. Anda harus memperhatikan cara perawatan sehari-hari, mulai dari pemberian pakan, kualitas air, sanitasi, hingga mengatasi serangan penyakit dan hama.

Baca Juga:  Kampung Perikanan Budidaya untuk Perkuat Ketahanan Ekonomi Masyarakat