Peran Penting Budidaya Tanaman Hias untuk Lingkungan


Pertanianku — Budidaya tanaman memiliki fungsi tertentu untuk kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap makanan sehari-hari, ataupun lingkungan. Namun bagaimana dengan budidaya tanaman hias? Apakah memiliki peran yang sama pentingnya dengan budidaya tanaman pangan? Berikut ini penjelasannya.

budidaya tanaman hias
Foto: Shutterstock
  1. Memperindah lingkungan

Fungsi utama dari tanaman hias bagi lingkungan tentunya untuk memberikan kesan cantik atau indah bagi lingkungan itu sendiri. Lingkungan yang dipenuhi dengan tanaman hias tentunya akan lebih terkesan indah, nyaman, dan menyenangkan. Jadi, ini akan memberikan kolerasi antara aura positif dan keindahan yang alami, ketimbang lingkungan yang gersang.

  1. Menyimpan cadangan air

Tanaman memang dikenal dengan manfaatnya yang banyak salah satunya adalah menyimpan cadangan air. Segala jenis air termasuk air hujan yang jatuh akan tersimpan di dalam akar mereka. Jadi, lahan yang digunakan untuk budidaya tanaman hias akan lebih subur dan lembap.

  1. Suplai oksigen

Manfaat lain yang diberikan oleh tanaman hias sama dengan tanaman-tanaman pada umumnya, yakni memberikan suplai oksigen dan kaya akan udara bersih. Bayangkan saja bagaimana rasanya berada di lingkungan yang penuh dengan beragam jenis tanaman hias yang sangat indah hingga bisa memanjakan mata. Ini juga akan menyediakan udara bersih yang bebas dari beragam pencemaran.

  1. Atasi sakit kepala

Sakit kepala, terutama migrain adalah sakit yang disebabkan oleh tingginya kandungan karbondioksida. Jadi, harus dinetralisir oleh tanaman yang bisa memberikan suplai oksigen lebih banyak. Nah, lingkungan yang memiliki banyak budidaya tanaman hias akan menjadi salah satu jawaban dari masalah ini nantinya.

  1. Mengatasi stres

Seperti sebuah taman ajaib, sebuah lingkungan yang dipenuhi dengan tanaman hias akan menyediakan tempat indah yang memiliki udara segar. Bahkan, keindahan dari tanaman yang ada di lingkungan tersebut nantinya bisa menjadi salah satu faktor yang bisa meredakan dan mengurangi stres yang diderita oleh seseorang.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ketumbar yang Belum Diketahui Banyak Orang