Peran Penting Kolostrum untuk Anak Sapi yang Baru Lahir

Pertanianku — Kolostrum atau susu pertama merupakan sumber antibodi untuk pedet yang baru dilahirkan. Anak sapi yang baru lahir atau pedet belum memiliki kekebalan tubuh yang dapat melawan penyakit setelah lahir. Oleh karena itu, pedet sangat memerlukan kolostrum tersebut untuk melawan penyakit.

anak sapi
foto: pixabay

Pedet akan menyerap antibodi melalui dinding ususnya selama 24–36 jam pertama setelah kelahirannya. Jumlah terbanyak diserap pada jam pertama.

Umumnya, kolostrum diberikan rata-rata sebanyak 5 persen dari berat badannya. Misalnya, pedet dengan bobot 35 kg dapat diberikan kolostrum sebanyak 1,75 kg setelah setengah jam kelahirannya. Pemberian dapat diulangi setelah 12 jam kemudian dengan jumlah yang sama.

Tak hanya sebagai sumber antibodi, kolostrum juga banyak mengandung immunoglobulin. Sementara itu, pedet baru mampu menghasilkan immunoglobulin setelah berumur 2 minggu.

Pemberian kolostrum dapat membantu sistem pencernaan dan mengeluarkan meconium. Meconium merupakan materi berwarna hijau kehitaman dan lengket yang terkumpul di dalam saluran pencernaan selama kehidupan pedet di dalam uterus. Meconium ini akan keluar setelah 24 jam kelahiran.

Kandungan vitamin dan nutrisi di dalam kolostrum tergolong lebih baik dibanding susu biasa. Perbedaan yang mencolok di antara keduanya adalah kandungan protein dan vitamin. Protein pada susu biasa sebesar 33 gram/kg, sedangkan di dalam kolostrum mencapai 140 gram/kg.

Kandungan vitamin di dalam kolostrum jauh lebih tinggi dibanding susu sapi. Vitamin A di dalam kolostrum mencapai 42–48 g/gram lemak, vitamin B12 10–50 g/kg, vitamin D 23–45 g/gram lemak, dan vitamin E 100–150 g/gram lemak. Oleh karena itu, susu sapi memang bisa menggantikan peran kolostrum, tetapi kemampuannya tidak sehebat kolostrum.

Susu pengganti yang dapat diberikan pada pedet biasanya terbuat dari 500 ml susu sapi, 1 sendok teh minyak ikan, 1 butir telur, dan 0,5 sendok makan gula pasir. Semua bahan dicampur menjadi satu dan dimasukkan ke botol dot. Susu pengganti ini dapat memberikan albumin telur yang diabsorbsi oleh dinding usus dan memacu terbentuknya globulin di dalam tubuh pedet.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kambing Baru Sampai di Kandang