Peran Penting Pupuk Kandang Sapi untuk Tanaman dan Tanah

Pertanianku — Saat ini ada banyak jenis pupuk kandang yang dapat digunakan oleh petani, jenis pupuk kandang yang paling terkenal dan sering digunakan adalah pupuk kandang sapi. Pupuk kandang sering digunakan sebagai pupuk dasar atau untuk pertanian organik. Pupuk organik ini memiliki banyak manfaat, baik untuk tanaman, manusia, dan lingkungan di sekitar tanaman.

pupuk kandang sapi
foto: unsplash

Pupuk kandang sapi terbuat dari campuran kotoran sapi, urine, dan sisa-sisa pakan yang diendapkan pada suatu tempat selama beberapa waktu. Pupuk organik ini dapat memperbaiki struktur tanah dan penyediaan unsur hara tanah.

Mathers dkk (1972) melakukan studi pengaruh kotoran sapi sebagai pupuk kandang terhadap produksi sorgum selama lima tahun. Dibuat lima tingkatan penggunaan pupuk kandang dan dibandingkan dengan penggunaan pupuk kimia (N dan NPK).

Dari hasil percobaan tersebut, penggunaan pupuk kandang sebanyak 22 ton/hektare/tahun memberikan produksi yang terbaik. Selain itu, penggunaan pupuk kandang dinilai lebih baik bila dibandingkan dengan pupuk kimia.

Pemberian pupuk kandang dalam jangka waktu lama akan memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan aerasi tanah. Sementara itu, penggunaan pupuk kimia secara terus-menerus dalam jangka waktu lama akan mengeraskan tanah sehingga daya responsnya cenderung menurun.

Penggunaan pupuk kandang secara murni ataupun dikombinasikan dengan pupuk anorganik sangat berperan dalam meningkatkan produktivitas tanaman pertanian melalui perbaikan struktur tanah dan penyediaan unsur hara.

Untuk menjaga keseimbangan sifat fisik dan kimia tanah serta mencegah tanah dari kerusakan, lebih baik melakukan pemupukan dengan mengombinasikan antara pupuk kandang sapi dan pupuk buatan/kimia. Penggunaan kotoran sapi menjadi pupuk untuk kesuburan tanah tidak hanya akan melestarikan lingkungan, tetapi juga meningkatkan kualitas dan nilai ekonomi dari kotoran sapi.

Pemanfaatan kotoran sapi menjadi pupuk organik juga dapat bermanfaat bagi peternak. Pasalnya, kotoran yang semula dianggap sebagai limbah dapat diolah dan digunakan. Dengan begitu, peternak bisa memanfaatkannya untuk keperluan pribadi atau dijual untuk mendatangkan pendapatan sampingan. Pengolahan kotoran menjadi pupuk juga menjadi solusi untuk mengatasi limbah yang dapat menyebabkan pencemaran pada lingkungan.

Baca Juga:  Penggemukan Sapi dengan Kombinasi Pasture dan Dry Lot Fattening