Perawatan Harian Lovebird


Pertanianku   Burung berparuh bengkok ini merupakan burung romantis di seluruh dunia karena selalu setia pada pasangannya. Selain itu, bentuk fisik, warna bulu, dan perilakunya membuatnya digemari banyak kalangan. Perawatan burung ini pun cenderung mudah. Simak cara perawatan harian lovebird berikut.

Perawatan Harian Lovebird

Perawatan harian si paruh bengkok tidak sulit, baik pakan, mandi, jemur, dan penempatan sangkarnya. Hal yang penting adalah menyesuaikan dengan kebiasaannya, apalagi jika tujuan pemeliharaan memang untuk kontes. Pakan Pakan yang diberikan bisa berupa biji-bijian, sayuran, buah, dan jagung muda. Bisa juga diberikan madu yang bertujuan untuk mendongkrak penampilannya agar maksimal ketika dikonteskan. Punggung cumi juga bisa diberikan sebagai penambah kalsium. Sayur, buah, dan jagung muda sebaiknya diberikan bergantian setiap harinya.

  • Mandi

Memandikan si burung cinta bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan air ke tubuhnya dengan sprayer. Untuk meningkatkan performanya, memandikannya harus dilakukan setiap hari. Bahkan, tingkat kerajinannya berkicau juga bisa meningkat.

Namun demikian, kegiatan mandi harus diperhatikan ketika lovebird memasuki masa kawin. Jadi, sebaiknya memandikan lovebird pada masa kawin tidak sering dilakukan agar perilaku buruknya tidak keluar, yaitu memanjat sangkar bagian ujung atas.

  • Jemur

Penjemuran harus dilakukan, baik ketika dimandikan atau tidak. Namun, kegiatan ini harus dilakukan ketika lovebird dalam kondisi sehat. Waktu atau lamanya penjemuran, tergantung kebiasaan dari si paruh bengkok. Hal yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai membuatnya kepanasan dan mendapat gangguan.

  • Penempatan Sangkar

Sangkar lovebird sebaiknya diletakkan di tempat yang sejuk karena burung ini menyukai hawa dingin. Jika bisa, penempatannya dekat sumber air seperti kamar mandi. Untuk lovebird yang sedang dimaster, dampingkan dengan burung masternya

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang

 

Sumber: Buku Top 10 Ocehan Burung

loading...
loading...