Perawatan Harian yang Dibutuhkan Burung Lovebird

Pertanianku — Burung lovebird yang melambangkan cinta karena sangat setia dengan pasangannya membutuhkan perawatan harian yang benar agar tumbuh sehat. Tak dimungkiri, salah satu daya tarik lovebird terletak pada penampilannya yang indah serta perilakunya. Itu sebabnya perawatan lovebird perlu dilakukan dengan benar.

perawatan lovebird
foto: Pixabay

Perawatan harian lovebird pada dasarnya tidak begitu sulit. Anda hanya perlu memberikan pakan secara rutin, memandikannya, menjemur, dan menempatkannya pada sangkar yang baik. Berikut ini beberapa cara perawatan harian lovebird yang perlu dilakukan.

Pemberian pakan

Hal yang penting adalah menyesuaikan dengan kebiasaannya, apalagi jika tujuan pemeliharaan memang untuk kontes. Pakan yang diberikan bisa berupa biji-bijian, sayuran, buah, dan jagung muda. Bisa juga diberikan madu yang bertujuan mendongkrak penampilannya agar maksimal saat dikonteskan.

Lovebird juga bisa diberikan punggung cumi sebagai penambah kalsium. Sayur, buah, dan jagung muda sebaiknya diberikan bergantian setiap harinya.

Memandikan burung secara rutin

Bukan hanya Anda yang butuh mandi, tetapi lovebird juga perlu dimandikan dengan cara menyemprotkan air ke tubuhnya dengan sprayer. Performa burung lovebird yang dimandikan secara rutin setiap hari dapat terus meningkat. Bahkan, tingkat kerajinannya berkicau juga bisa meningkat.

Namun, kegiatan mandi harus diperhatikan saat lovebird memasuki masa kawin. Jadi, sebaiknya memandikan lovebird pada masa kawin tidak sering dilakukan agar perilaku buruknya tidak keluar, yaitu memanjat sangkar bagian ujung atas.

Jemur

Lovebird perlu dijemur meski saat itu burung tidak dimandikan. Penjemuran hanya bisa dilakukan pada lovebird yang sehat. Waktu atau lamanya penjemuran, bergantung pada kebiasaan dari si paruh bengkok. Hal yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai membuatnya kepanasan dan mendapat gangguan.

Penempatan sangkar

Sangkar lovebird sebaiknya di tempat yang sejuk karena burung cinta ini menyukai hawa dingin. Anda bisa menempatkannya di dekat sumber air. Sementara itu, lovebird yang tengah dimaster perlu diletakkan berdampingan dengan burung masternya.

Baca Juga:  6 Tanaman yang Sering Digunakan untuk Membersihkan Gigi