Perawatan Murai  yang Rumit dan Butuh Perhatian Ekstra


Pertanianku – Untuk memulai usaha, sebaiknya tidak menyepelekan sesuatu apa pun. Pemikiran bahwa beternak murai itu tidak sulit setelah mengunjungi penangkar yang berhasil membuat pasangan murai dalam satu minggu berjodoh dan kawin, bukanlah hal yang bijak. Kemudahan yang didapat penangkar tersebut karena pasangan yang dijodohkan sudah lama dipelihara dan dipersiapkan atau jantannya sudah terlatih. Jadi, mentalnya cukup baik dan tidak lagi takut dengan lingkungan dengan kondisi seperti apa pun. Selain itu, si penangkar sudah cukup memahami perawatannya atau sudah berpengalaman.

Prospek Murai Batu Hasil Ternak

Burung murai bisa dikatakan salah satu jenis burung klangenan yang tergolong tidak mudah dipelihara. Burung ini sangat rentan (sensitif) dengan berbagai gangguan lingkungan. Murai juga harus diberi pakan segar dan pakan hidup secara rutin setiap hari agar tetap hidup dan sehat. Oleh karena itu, perawatan murai perlu dipahami benar oleh penangkar sebelum menangkarkannya. Kesulitan dalam perawatan dan cara mengatasinya juga perlu diketahui. Trik agar murai rajin berkicau juga perlu dipahami. Selain itu, pengetahuan tentang gangguan lingkungan yang dapat membuat kondisi fisiknya nge-drop harus dimiliki peternak. Namun, satu hal yang patut diingat, “jangan ada kata menyerah” saat menggelutinya. Jika ada kegagalan, hal itu bagian dari proses keberhasilan yang tertunda. Setelah mengalami trial and error, keberhasilan akan terasa nikmat. Dengan demikian, akan semakin paham tentang persoalan yang dihadapi dalam menangkarkan murai dan cara mengatasinya.

Tidak hanya dituntut sabar, keberhasilan budi daya murai perlu perhatian ekstra dalam semua tahapan, mulai dari pemilihan indukan dan penjodohan, proses kawin, bertelur, mengeram, dan memelihara anakan. Semua hal tersebut perlu diungkap untuk mengingatkan peternak agar tidak lagi berspekulasi dalam melakukan usaha penangkaran murai. Jika tidak memiliki waktu yang cukup, lebih baik jangan punya keinginan untuk menangkarkannya, kecuali bisa membayar orang lain untuk mengurus segala sesuatunya. Itu pun harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman merawat burung berkicau, khususnya murai. Selain itu, memilih orang yang mencintai burung karena kasih sayang merupakan tuntutan khusus dalam menciptakan keberhasilan ketika breeding.

Baca Juga:  Cara Ternak Marmut Supaya Beranak Pinak

 

Sumber: Buku Sukses Beternak Murai Batu

 

loading...
loading...