Perawatan yang Dilakukan Selama Proses Penggemukan Domba

Pertanianku Penggemukan domba merupakan usaha untuk memacu pertumbuhan domba sehingga memiliki bobot badan yang optimal dan bernilai ekonomi. Ada beberapa perawatan yang harus dilakukan selama proses penggemukan domba untuk menunjang hasil panen yang sesuai dengan ekspektasi. Berikut ini beberapa hal-hal teknis yang harus dilakukan selama masa perawatan domba.

penggemukan domba
foto: pixabay

Persiapan kandang

Kandang yang digunakan untuk penggemukan adalah kandang panggung. Sebelum digunakan, kandang harus dibersihkan dari sisa kotoran dan pakan yang tersisa dari periode pengggemukan sebelumnya. Pencucian kandang bisa dilakukan dengan menggunakan sprayer agar debu dan sisa pakan yang melekat pada kandang bisa terlepas. Setelah dicuci, kandang disemprot disinfektan dengan dosis 4 liter/200 liter air.

Loading...

Penimbangan ternak

Penimbangan domba dapat dilakukan pada saat domba akan masuk ke kandang. Penimbangan dilakukan untuk mengetahui bobot awal dan harga dasar pembelian per kilogram. Penimbangan berikutnya dilakukan setiap akhir bulan untuk mengetahui pertambahan bobot badan domba setiap harinya dan hal ini akan memengaruhi harga jual minimal per kilogram.

Memberikan tanda pengenal

Tanda pengenal pada domba digunakan untuk memudahkan peternak mencatat data tentang perkembangan domba. Tanda bisa diberikan dengan kalung, tato, dan pengeratan. Tanda yang diberikan dengan tato membutuhkan waktu yang lama dan akan menyakiti domba. Demikian juga tanda pengeratan.

Pemberian tanda yang paling direkomendasikan adalah dengan menggunakan kalung. Kalung tersebut bisa menggunakan pipa PVC atau logam yang diikat dengan tali nilon di leher domba. Pipa atau logam tersebut dibuat tulisan berupa angka atau kode huruf.

Pencukuran bulu

Pencukuran bulu berfungsi untuk menghilangkan kutu, mengurangi stres pada domba karena merasa panas, dan memperbaiki penampilan domba yang terkesan kumal. Selama masa perawatan, pencukuran dilakukan satu kali, yaitu pada awal penggemukan.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Susu Kambing yang Istimewa

Memandikan domba

Domba yang akan digemukkan di dalam kandang harus dimandikan terlebih dahulu agar domba tampak bersih dan bulu-bulunya tidak menjadi sumber penyakit bagi domba.

Pemberian vitamin dan obat-obatan

Pemberian vitamin berfungsi untuk mengurangi stres akibat transportasi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat proses kesembuhan dari infeksi.

Anda dapat menemui teknik pemeliharaan dan perawatan lainnya pada buku Panduan Lengkap Kambing & Domba terbitan Penebar Swadaya. Buku ini memuat informasi detail mengenai manajemen agribisnis ternak kambing dan domba. Mulai dari pemilihan bibit hingga pascapanen atau pemasarannya.

Loading...
Loading...