Perawatan yang Perlu Diberikan untuk Domba Bunting

Pertanianku — Domba yang tengah bunting perlu diberikan perawatan ekstra agar bisa melahirkan dengan selamat serta dalam keadaan kuat dan sehat. Perawatan domba bunting yang perlu diperhatikan di antaranya pemberian pakan, latihan fisik, serta penyediaan tempat yang aman dan nyaman. Simak ulasan lebih jelasnya di bawah ini.

domba bunting
foto: Pertanianku

Pemberian pakan

Pada tiga bulan pertama pertumbuhan janin masih agak lambat sehingga kebutuhan pakan untuk anak yang ada di dalam kandungan induk domba masih belum banyak. Pada periode ini Anda hanya perlu menjaga kondisi induk dengan baik, terutama mempertahankan bobot badan agar tidak mengalami penurunan.

Sekitar 4–6 minggu sebelum melahirkan, pertumbuhan janin sudah mulai berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu, induk domba yang bunting sudah perlu diberikan pakan yang mengandung protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Pada masa ini bobot tubuh domba sudah meningkat 7–12 kg.

Jumlah pakan yang dibutuhkan induk berbobot 40 kg sebanyak 4,5–5 kg/ekor/hari dan konsentrat 0,25–0,5 kg/ekor/hari. Bila perlu, Anda dapat memberikan induk molase sebanyak 100–200 gram/ekor/hari. Molase berguna sebagai pengganti pakan berbutir yang mudah dicerna.

Pakan yang diberikan dapat mempengaruhi produksi air susu. Pakan yang tepat dapat membuat kondisi induk dan anak sehat dan kuat, serta anak yang dilahirkan memiliki bobot yang normal.

Latihan fisik

Latihan fisik berguna untuk menjaga kondisi kesehatan induk yang sedang bunting tua sehingga induk sehat, kuat, dan tidak berlebihan bobot badan. Latihan fisik akan melatih otot-otot yang berada pada badan induk.

Latihan dapat dilakukan dengan melepas induk di lapangan penggembalaan setiap hari. Cara ini dapat membuat domba banyak berjalan dan bergerak sehingga peredaran darahnya berjalan lebih lancar.

Baca Juga:  Kriteria Bibit Itik yang Bagus

Menyediakan kandang khusus

Induk sudah harus dipindahkan ke dalam kandang khusus untuk melahirkan dua bulan sebelum melahirkan. Kandang ini berfungsi untuk melindungi domba bunting, terutama dari benturan yang disebabkan oleh akibat perkelahian antardomba.

Pemisahan domba bunting ke kandang khusus sangat bermanfaat. Induk akan merasa lebih nyaman dalam menghadapi kelahiran.