Perayaan Hari Kopi Internasional, 10 Provinsi Penghasil Kopi Ikut Meramaikan

Pertanianku – Guna memperingati hari kopi internasional, 10 provinsi penghasil kopi di tanah air dijadwalkan akan ikut serta dan berpartisipasi dalam perayaan hari kopi internasional yang akan digelar oleh Lampung pada 1 Oktober 2017 mendatang.

“Kesepuluh provinsi tersebut adalah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Bali,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Tonny OL Tobing, seperti mengutip Antara (12/6)

Provinsi Lampung juga akan mengundang beberapa negara tetangga sebagai pembeli, yaitu Thailand, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Pihaknya telah mengagendakan beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan di antaranya seminar kopi robusta, pemutaran film, dan dokumentasi mengenai kopi.

Selanjutnya, ada pula wisata kopi, praktik budidaya kopi robusta, bantuan bibit dan alat untuk petani kopi, pameran produk kopi, pagelaran busana dan tari, lomba tes cup. Lomba barista, kuliner berbahan kopi robusta, minum kopi gratis juga diselenggarakan di perayaan Hari Kopi Internasional pada 2017.

Asisten Bidang Ekbang Setporv Lampung Adeham mengatakan event berskala internasional ini mempunyai andil penting dalam upaya meningkatkan nilai tambah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kopi lampung terutama kopi robustanya.

Adeham mengatakan, event ini sebagai upaya untuk menyejahterakan para petani kopi dan mengajak masyarakat untuk hasil mencintai kopi tanah air khususnya kopi robusta asal Lampung.

Karena itu, semua pihak terkait diimbau untuk bekerja semaksimal mungkin agar event ini terselenggara dengan baik dan lancar, terlebih event ini akan dihadiri peserta dari dalam dan luar negeri.

loading...
loading...