Perbaikan Pematang dan Saluran Air Agribisnis Patin

Pertanianku – Perbaikan pematang perlu dilakukan agar tidak ada kebocoran pada pematang atau ada bagian pematang yang rusak. Kerusakan/kebocoran pada pematang biasanya diakibatkan oleh kepiting, belut, dan ular. Hal ini menyebabkan air kolam tidak stabil sehingga ikan bisa lolos keluar dari kolam. Kerusakan pematang juga disebabkan oleh menyusutnya ketinggian pematang akibat pemadatan, longsoran oleh hujan, atau aktivitas panen.

Perbaikan Pematang dan Saluran Air Agribisnis Patin19

Perbaikan pematang yang bocor dilakukan dengan menyumbat bagian yang bocor menggunakan tanah atau ijuk. Pematang yang bocor karena ulah kepiting misalnya, bisa diperbaiki dengan cara mencangkul bagian pematang yang berlubang sampai titik akhir lubang tersebut.

Lubang tersebut kemudian ditimbun kembali dan dipadatkan sampai pematang rapat atau padat. Bila kebocoran yang terjadi cukup besar, ada baiknya pematang dibongkar saja, lalu ditutup kembali dengan tanah. Bila kebocoran terjadi di banyak tempat, pematang dapat dilapisi plastik.

Perbaikan saluran air dilakukan agar pemasukan air berjalan lancar. Perbaikan pematang dan saluran air biasanya dilakukan pada saat pengeringan kolam atau bersamaan dengan pekerjaan pengangkatan lumpur dari dasar kolam. Perbaikan saluran air umumnya dilakukan bila ada bagianbagian kolam yang rusak. Hal ini untuk menghindari menghindari masuknya ikanikan liar atau lolosnya benih ikan patin dari dalam kolam. Cara lain untuk mengantisipasi permasalahan pada pintu pemasukan air adalah dengan melengkapi pintu air yang dilengkapi saringan yang berfungsi untuk mencegah ikan-ikan dan sampah dari luar kolam masuk ke dalam kolam.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Agribisnis Patin

 

 

Baca Juga:  Tips Sukses Melakukan Pemijahan Belut

loading...