Perbaiki Fungsi Otak dengan Jus Blueberry


PertanainkuBlueberry merupakan salah satu buah dari keluarga beri yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Buah yang memiliki cita rasa asam dan manis ini memang sangat menyegarkan. Namun, jarang sekali orang mengonsumsi buah ini dalam keadaan segar. Beberapa orang lebih memilih mengolahnya menjadi jus blueberry karena dianggap lebih menyegarkan.

Minum jus blueberry bisa memperbaiki fungsi otak khususnya pada orang berusia lanjut. Menurut studi dari University of Exeter, orang sehat berusia 65—77 tahun yang minum jus blueberry setiap hari akan membaik fungsi kognitifnya, aliran darah ke otak dan aktivasi otaknya saat melakukan tes kognitif. Ada juga bukti yang menunjukkan perbaikan dalam memori kerja mereka.

“Fungsi kognitif kita cenderung menurun seiring bertambahnya usia, tetapi penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa fungsi kognitif bisa terjaga dengan diet kaya makanan nabati,” ujar Dr. Joanna Bowtell, head of Sport and Health Sciences at the University of Exeter.

Dari 26 orang dewasa sehat yang terlibat dalam penelitian, 12 orang di antaranya mendapatkan jus blueberry terkonsentrasi atau sekitar 230 gram blueberry, sekali dalam sehari. Sementara sisanya hanya menerima plasebo. Sebelum dan setelah periode penelitian selama 12 minggu, para partisipan melakukan berbagai tes kognitif, sementara fungsi otak mereka dan aliran darah otak diukur.

Dibandingkan dengan kelompok peneliti lain yang diberi plasebo, mereka yang mengonsumsi blueberry menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas otaknya, khususnya pada daerah otak yang berhubungan dengan tes kognitif.

“Dalam studi ini kami telah menunjukkan bahwa hanya 12 minggu mengonsumsi 30ml jus blueberry terkonsentrasi setiap hari, aliran darah otak, aktivasi otak, dan beberapa aspek memori kerja meningkat pada orang dewasa sehat yang berusia lebih tua,” tambahnya.

Baca Juga:  Buah Kesemek Ampuh Sembuhkan Kanker, Kok Bisa?

Blueberry kaya akan flavonoid, yang memiliki sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi. Flavonoid, yang berlimpah pada tanaman, cenderung menjadi komponen penting dalam menyebabkan efek perbaikan daya ingat.

loading...
loading...