Perbanyakan Tanaman dan Varietas Unggul Melon

Pertanianku – Tanaman melon diperbanyak dengan biji yang telah diseleksi. Benih ini diproduksi secara khusus dengan mengisolasi tanaman. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penyerbukan silang dengan tanaman jantan yang tidak dikehendaki dan mencegah penularan penyakit dari luar kebun pembibitan.

melon 3Bibit sambungan dengan labu air (Lagenaria sp.) juga dapat dilakukan, tetapi dalam praktek agribisnis melon tidak pernah dilakukan. Semua benih melon yang umumnya berupa benih hibrida, diimpor dari Jepang dan Taiwan. Cara menghasilkan benih melon sama dengan semangka, tetapi pada melon tidak perlu menghasilkan benih yang seedless (tidak berbiji). Hal ini karena adanya biji pada buah melon tidak menyulitkan konsumen karena letaknya mengumpul di rongga buah.

Seperti halnya semangka, varietas melon pun banyak, tetapi belum ada varietas unggul yang dilepas. Hal ini disebabkan hampir semua benih melon diimpor dari luar negeri. Varietas unggul (impor) yang sering ditanam di Indonesia adalah hibrida F1. Varietas unggul tersebut di antaranya honey drip (tidak berjaring, putih kekuningan), green pearl (berjaring, hijau), marble white (tidak berjaring, putih), golden crispy (tidak berjaring, kuning), dan tendral verde (kulit berkerut, hitam).

Loading...

Pada umumnya, daging buah melon berwarna dasar hijau hingga putih. Namun, varietas melon memiliki warna daging buah yang berbeda-beda, di antaranya honey drip berdaging hijau kekuningan, green pearl berdaging kuning muda, honey dew berdaging hijau atau berdaging putih kekuningan, marble white berdaging hijau kejinggaan, dan tendral verde berdaging putih kehijauan.

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli
Loading...
Loading...