Perbedaan antara Cupang Hias dan Cupang Aduan

Pertanianku— Cupang terkenal sebagai ikan yang otoriter dengan daerah kekuasaannya, ikan kecil ini terbilang senang bertarung. Berdasarkan keunggulannya, cupang yang beredar di pasaran dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu cupang hias dan cupang aduan. Perbedaan cupang hias dan cupang aduan cukup mudah terlihat dari penampilan fisiknya, tingkat kemiripan di antara kedua jenis cupang ini cukup tipis.

perbedaan cupang hias
foto: Pixabay

Berikut ini alasan tentang perbedaan antara cupang hias dan cupang aduan.

Cupang hias

Perbedaan yang mencolok sudah bisa terlihat dari bentuk tubuh. Cupang hias memiliki sirip atau serit yang indah, berukuran lebih besar dari cupang adu, serta memiliki warna yang beragam dan menarik. Bagian tersebut menjadi titik penilaian saat kontes, semakin indah sirip, akan semakin tinggi juga penilaiannya.

Cupang aduan

Sesuai dengan namanya, cupang ini dipelihara untuk diadu di arena pertarungan. Cupang aduan memiliki bentuk tubuh yang kekar, berwarna kehitaman/hitam, bersirip anal pendek, tulang sirip besar berwarna hijau atau biru, berkepala besar, dan memiliki bibir tebal berwarna hitam legam. Nilai jual cupang aduan terletak pada kemampuan tarungnya.

Cupang aduan bisa terlihat dari bentuk tubuh. Berdasarkan bentuk tubuh, cupang aduan terbagi menjadi tiga kelompok, yakni knife body fish, cichlid body, dan snakehead fish body. Setiap kelompok cupang tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

  • Knife body fish merupakan kelompok ikan cupang dengan tubuh yang mirip seperti pisau. Biasanya, cupang dengan tubuh seperti ini pandai bertarung.
  • Cichild body merupakan golongan cupang dengan bentuk tubuh pendek. Meski demikian, mental golongan cupang ini sangat baik dan biasanya merupakan tipe petarung yang gesit.
  • Snakehead fish body merupakan golongan cupang yang memiliki badan panjang dengan kepala dan mulut besar. Walaupun staminanya tidak sebaik jenis lainnya, golongan cupang ini merupakan petarung yang andal.
Baca Juga:  Kebiasaan Lele di Habitat Aslinya