Perbedaan Kurma Basah dan Kurma Kering

Pertanianku— Kurma terkenal sebagai salah satu makanan yang marak saat Ramadan. Namun, tahukah Anda, sebenarnya manfaat kurma sangat baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi setiap hari. Sering kali ketika ingin membeli kurma, penjual menanyakan terlebih dahulu selera Anda, yaitu kurma basah atau kurma kering.

kurma basah
Foto: Pixabay

Faktanya, memang ada dua jenis kurma yang tersebar di pasaran berdasarkan karakteristik daging buahnya. Berikut ini beberapa perbedaan kedua jenis kurma ini dikutip dari laman cnnindonesia.com.

Kadar gula

Spesialis gizi menyebutkan, satu-satunya hal yang membedakan antara kurma basah dan kurma kering adalah kandungan gulanya. Kurma basah mengandung gula yang lebih tinggi. Dalam 100 gram kurma, baik jenis maupun basah mengandung sekitar 50–75 gram karbohidrat.

Namun, kandungan fruktosa atau gula alami di dalam kurma kering lebih banyak dibanding kandungan glukosanya. Sementara itu, kandungan di dalam kurma basah berbanding sebaliknya. Kurma basah memiliki tingkat kematangan yang tinggi sehingga kandungan glukosanya jadi lebih tinggi.

Kandungan glukosa yang tinggi membuat tubuh membutuhkan banyak insulin agar bisa diserap. Telalu banyak glukosa dapat menimbulkan dampak yang kurang baik, yakni kadar gula darah yang meningkat.

Sementara itu, kurma kering mengandung fruktosa yang lebih tinggi. Fruktosa tidak akan merangsang hormon insulin sehingga aman untuk penderita diabetes.

Kurma basah cocok untuk buka puasa

Kandungan glukosa yang tinggi cocok dikonsumsi ketika Anda berbuka puasa. Glukosa tersebut dapat memberikan energi tambahan untuk tubuh dengan cara yang mudah.

Kandungan kalori

Perbedaan lain dari kedua jenis kurma ini adalah kandungan kalorinya. Di dalam 100 gram kurma kering mengandung 285 kalori, sedangkan kalori di dalam kurma basah cenderung lebih sedikit, yakni 140–150 kalori.

Baca Juga:  Kiat Ternak Cacing Tanah

Kaya serat

Kedua jenis kurma ini sama-sama banyak mengandung serat. Tiap 100 gram kurma mengandung 5–7 gram serat. Tidak adanya perbedaan kandungan serat karena serat pada kurma terletak di bagian kulit buahnya. Biasanya, jenis kurma dipilih berdasarkan preferensi konsumen, ada yang menyukai kurma kering, tetapi ada yang tidak suka dan lebih menyukai kurma basah yang terasa agak sedikit lengket.