Perbedaan Tepung Jagung dan Tepung Maizena

Pertanianku Tepung jagung dan tepung maizena sering dianggap sama karena sama-sama terbuat dari jagung, padahal keduanya berbeda. Perbedaan tersebut bisa langsung Anda lihat dari warna, bentuk, dan kegunaannya. Simak perbedaan antara tepung jagung dan tepung maizena berikut.

tepung jagung
foto: Pixabay

Bentuk fisik tepung

Tepung jagung merupakan jagung yang dihaluskan sehingga teksturnya lebih kasar dibanding jenis tepung lain. Selain itu, warna tepung cenderung kuning, tidak putih seperti tepung umumnya. Tepung ini terbuat dari seluruh biji sehingga kandungannya terbilang lebih utuh, seperti protein, serat, pati, vitamin, dan mineral.

Sementara itu, tepung maizena terbuat dari pati yang berada di dalam jagung. Proses pembuatan tepung maizena menghasilkan tepung yang putih bersih dan sangat halus. Pada tepung ini tidak ada warna kekuningan. Proses pembuatan maizena dilakukan dengan membuat protein dan serat yang ada di dalam biji jagung. Proses pembuatan hanya menyisakan bagian tengah bertepung yang disebut endosperma.

Rasa tepung

Tepung jagung sudah pasti memiliki rasa khas jagung dan manis. Itu sebabnya tepung sering digunakan sebagai penambah rasa pada masakan atau dikonsumsi secara langsung. Sementara itu, maizena cenderung tidak berasa.

Penggunaan

Tepung jagung sering digunakan sebagai tambahan atau pengganti tepung terigu dalam pembuatan makanan, seperti pancake, wafel, dan lain-lain. Sementara itu, maizena digunakan untuk memperbaiki atau membuat tekstur makanan menjadi lebih kental. Biasanya, maizena digunakan untuk mengentalkan sup, semur, saus, dan kuah. Selain mengentalkan, maizena juga bisa mencegah pengentalan jika dicampur gula dan membuat adonan menjadi lebih lembut.

Maizena tidak bisa menggantikan tepung umumnya karena sebagian besar kandungan di dalam tepung ini adalah pati dan tidak mengandung protein atau lemak.

Baca Juga:  Kementan Dorong Diversifikasi Singkong agar Naik Kelas

Manfaat kesehatan

Kedua tepung ini sama-sama bebas gluten. Oleh karena itu, kedua tepung ini sering digunakan sebagai pengganti tepung terigu oleh pegiat makanan sehat atau mereka yang menderita penyakit tertentu.

Kandungan nutrisi tepung ini lebih tinggi karena terbuat dari jagung utuh. Tepung ini mengandung tinggi protein, antioksidan, dan vitamin (A, B, dan C). Sementara itu, maizena tidak mengandung banyak nutrisi tetapi memiliki kalori yang cukup tinggi.

Jagung umumnya dapat melindungi tubuh dari masalah pencernaan tertentu, termasuk penyakit diverticular.