Perencanaan Sebelum Mulai Menanam Mentimun

Pertanianku — Perencanaan yang matang akan memudahkan Anda untuk mengolah perkebunan serta mengatasi permasalahan yang kerap timbul di tengah proses pemeliharaan. Sebelum menanam mentimun, Anda juga harus melakukan perencanaan dengan matang untuk mengendalikan organisme pengganggu tanaman yang kerap mengganggu pertumbuhan tanaman.

menanam mentimun
foto: pexels

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebelum mulai menanam mentimun.

Menentukan lokasi

Loading...

Tanaman mentimun bisa beradaptasi pada dataran rendah hingga dataran tinggi, baik lahan sawah maupun di lahan kering dan tidak memerlukan perlakukan khusus. Namun, untuk menghasilkan panen yang optimal, ada beberapa persyaratan tumbuh pohon mentimun yang mendukung pembuahan, seperti tanah harus gembur, banyak mengandung humus, tidak tergenang, pH 6—7, iklim kering dengan suhu udara 21—27°C, kelembapan kurang dari 80 persen, dan cukup air.

Pola tanam

Pola tanam berguna untuk memutus siklus hidup hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman di suatu area lahan atau wilayah tertentu. Pola tanam pada dataran rendah akan berbeda dengan dataran tinggi.

Pola tanam pada dataran rendah dilakukan dengan menanam padi pada Januari—Maret, mentimun pada April—Juni, bawang merah pada Juli—Agustus, dan cabai pada September—Desember.

Sementara, pada dataran tinggi, pola tanam bisa dilakukan dengan menanam cabai pada Januari—April, kubis pada Mei—Juli, mentimun pada Juli—September, dan kubis bunga pada Oktober—Desember.

Sistem tanam

Sistem tanam mentimun pada umumnya dilakukan secara monokultur. Hal ini dikarenakan pohon mentimun tumbuh dengan cukup rimbun sehingga tidak memungkinkan untuk menanam pohon tumpang sari karena bisa bersaing untuk saling mendapatkan sinar matahari. Selain itu, dikhawatirkan tanaman mentimun akan rentan terkena hama seperti ulat grayak.

Penggunaan benih dan varietas

Penggunaan varietas unggulan akan lebih memudahkan Anda selama masa pemeliharaan. Namun, akan lebih baik jika Anda memilih varietas yang paling disukai oleh pasar, produktivitasnya tinggi, toleran terhadap hama, dan sesuai dengan ekosistem tempat Anda menanam.

Baca Juga:  Keunggulan Jambu Air Khiojok Dibandingkan Jambu Madu Deli Hijau

Waktu menanam

Tanaman mentimun membutuhkan banyak air selama masa pertumbuhannya. Namun, sangat rentan dengan curah hujan serta kelembapan udara yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan waktu tanam yang tepat karena akan berpengaruh terhadap persediaan air, curah hujan, dan serangan hama serta penyakit yang kemungkinan akan datang. Waktu tanam bisa disesuaikan berdasarkan lokasi, jenis lahan, dan varietas yang Anda gunakan.

Anda bisa mendapatkan informasi detail mengenai perencanaan bertanam mentimun di buku Bertanam Sayuran Buah terbitan Penebar Swadaya. Buku ini memuat teknik penanaman yang tepat bisa mendatangkan hasil optimal. Selain itu, disusun secara aplikatif dan diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin bertanam 20 jenis sayuran buah, termasuk mentimun.

 

Loading...
Loading...