Perhatikan 7 Faktor yang Mempengaruhi Pengomposan

Pertanianku — Ada beberapa faktor yang memengaruhi pengomposan, yaitu nilai C/N bahan, ukuran bahan, campuran bahan, mikroorganisme yang bekerja, kelembapan dan aerasi, suhu, serta keasaman pH. Seluruh faktor tersebut harus diperhatikan agar dapat menghasilkan kompos yang baik. Simak ulasan lebih lengkap di bawah ini mengenai faktor yang memengaruhi pengomposan.

Perhatikan 7 Faktor yang Mempengaruhi Pengomposan
foto: Pixabay

Nilai C/N bahan

Nilai C/N pada bahan baku pembuatan kompos akan memengaruhi lamanya pembuatan kompos. Semakin renah kandungan nilai C/N bahan, waktu yang dibutuhkan untuk pengomposan akan semakin singkat.

Loading...

Ukuran bahan

Besaran bahan juga berpengaruh terhadap waktu yang dibutuhkan untuk proses pengomposan. Semakin kecil ukuran bahan membuat proses pengomposan menjadi lebih cepat karena semakin luas bahan yang dapat disentuh oleh bakteri. Oleh karena itu, pencacahan bahan pengomposan wajib dilakukan hingga bahan berukuran kecil. Ukuran yang paling baik untuk bahan keras yang digunakan adalah sekitar 0,5—1 cm dan bahan tidak keras sekitar 5 cm.

Bahan yang tidak keras sebaiknya jangan dicacah terlalu kecil karena akan mengeluarkan kandungan air yang banyak sehingga menyebabkan tingkat kelembapan yang tinggi.

Komposisi bahan

Ada beberapa bahan yang mampu dikomposkan lebih baik dan cepat. Bahan organik yang berasal dari tanaman akan lebih cepat dikomposkan jika dicampur dengan kotoran hewan.

Jumlah mikroorganisme

Bakteri, fungi, Actinomycetes, dan protozoa adalah mikroorganisme yang berperan dalam proses pengomposan. Namun, mikroorganisme lainnya juga harus ditambahkan ke dalam bahan yang akan dikomposkan. Penambahan jumlah mikroorganisme mampu mempercepat proses pengomposan.

Kelembapan dan aerasi

Umumnya, mikroorganisme yang bekerja dalam proses pengomposan dapat bekerja pada tingkat kelembapan sekitar 40—60 persen. Tingkat kelembapan harus dijaga untuk tetap stabil agar para mikroorganisme dapat bekerja optimal. Sementara, kebutuhan aerasi bergantung pada proses berlangsungnya kompos tersebut, baik secara aerob maupun anaerob.

Baca Juga:  Jenis Pupuk yang Bagus untuk Pohon Kopi

Suhu

Suhu yang baik untuk mendukung proses pengomposan sekitar 30—50°C. Apabila suhu relatif tinggi dapat membunuh mikroorganisme, sedangkan jika terlalu rendah dapat menyebabkan mikroorganisme tidak bekerja.

Keasaman (pH)

Tingkat keasaman yang baik untuk proses pengomposan adalah 6,5—7,5 atau cenderung netral. Untuk menetralkan keasaman pH, Anda dapat menggunakan kapur atau abu dapur.

 

Loading...
Loading...